Salin Artikel

BOR di Banyuwangi Capai 80 Persen, Pemkab Usulkan Tambahan 7 RS Rujukan Covid-19

Selain menambah tempat tidur di rumah sakit rujukan, Pemeritah Kabupaten Banyuwangi mengusulkan tambahan jumlah rumah sakit rujukan Covid-19 ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Saya hari ini menandatangani usulan pengajuan tambahan tujuh rumah sakit rujukan baru kepada Pemprov Jawa Timur. Semoga ini bisa ikut membagi beban enam RS rujukan yang selama ini ada, yang BOR-nya semakin meningkat,” ujar Ipuk dalam keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021).

Sebanyak tujuh rumah sakit yang diajukan tersebut adalah RS Yasmin, RS PKU Muhammadiyah Rogojampi, RS NU Banyuwangi, RSIA Rahayu Medika, RSIA Abdhi Famili, RS Bakti Mulia MMC, dan RS Al Rohmah.

“Dengan penambahan ini, semoga bisa memberikan penanganan secara cepat, mengingat beban enam rumah sakit rujukan saat ini sudah berat,” kata Ipuk.

Ia menambahkan rumah sakit rujukan di Banyuwangi telah menambah kapasitas tempat tidur. Seperti RSUD Blambangan yang menambah 34 tempat tidur dan RSUD Genteng 24 unit.

Penambahan tempat tidur tersebut diiringi dengan tambahan rekrutmen relawan tenaga kesehatan.

”Jadi tambah bed ini kan bukan soal bed-nya saja, tapi juga ketersediaan tenaga kesehatannya. Jadi kita siapkan paralel. Bed sudah ditambah, dan kemarin juga ada tambahan rekrutmen relawan tenaga kesehatan,” ujar Ipuk.

RSUD Blambangan bahkan mengalihfungsikan beberapa ruangannya untuk ruang perawatan Covid-19.

Ipuk mengtakan BOR (bed occupancy rate) di Banyuwangi juga terus meningkat, dengan rata-rata 80 persen.

Ipuk kembali mengingatkan masyarakat tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu, Pemkab Banyuwangi juga menggencarkan tes, tracing, dan treatment.

“Pakai masker, jauhi kerumunan. Sekali lagi, masker adalah kunci. Tolong, disiplin ini terus dijaga dan ditingkatkan, jangan sungkan mengingatkan sekelilingnya. Di sisi lain, Pemkab Banyuwangi terus meningkatkan tes dan tracing, kita juga siapkan treatment di rumah sakit dan tempat isolasi,” jelasnya.

Hingga Kamis (8/7/2021), terdapat 8.008 kasus positif Covid-19 di Banyuwangi. Rinciannya, 6.576 pasien sembuh, 779 meninggal, dan 653 orang masih dirawat.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/09/174046978/bor-di-banyuwangi-capai-80-persen-pemkab-usulkan-tambahan-7-rs-rujukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke