Salin Artikel

Cerita Rizky Cari Obat Gratis saat Isoman: Akses Pikobar Jabar, Saya Dapat Vitamin C...

Seperti yang dilakukan Rizky Perdana (25 tahun). Pria yang akrab disapa Kipe ini mulai merasakan gejala Covid-19 pada 1 Juli 2021.

"Yang dirasa demam, panas dingin, pilek, pusing, sama linu-linu tulang," ujar Kipe saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Keesokan harinya, 2 Juli 2021, demamnya turun dan tetap merasa linu di tulang. Memasuki hari ketiga ia mulai sakit tenggorokan.

Warga Bandung ini kemudian mengakses Pikobar tanggal 4 Juli 2021.

Penggunaannya mudah, ia cukup membuka aplikasinya, klik fitur isoman, lalu isi data diri lengkap sama upload hasil surat positif Covid-19.

"Tapi di sana enggak ditanya kondisi sekarang dan apa yang dibutuhkan," ucap Kipe.

Isi formulir di Pikobar, tiga hari kemudian paket dari Satgas Covid-19 datang...

Setelah mengisi semacam google form, ia mendapat bukti pendaftaran. Tiga hari kemudian, tepatnya 7 Juli 2021, ia ditelpon JNE yang menyatakan ada paket dari Satgas Covid-19.

Begitu dibuka, isinya hanya vitamin C sebanyak 20 tablet, beserta tulisan Paket Isoman A. Ia belum tahu apakah nanti akan ada paket tambahan.

"Saya dapat vitamin C aja, ga ada penjelasan apapun dari paket yang diterima atau konfirmasi dari Pikobar-nya. Ya udah enggak apa-apa, mungkin banyak juga yang mengajukan, jadi dibagi-bagi. Walau berharapnya dapet vitamin lengkap dan obat," ucap Kipe.

Rizky mengungkapkan, program ini bermanfaat bagi mereka yang isoman dengan gejala ringan dan jauh dari keluarga. Seperti orang yang ngekos.

"Setidaknya ga perlu ke luar rumah untuk beli vitamin, tapi ya mungkin harus sabar aja karena bisa jadi datengnya beda-beda waktunya," tutur dia.

Ia berharap, pengelola Pikobar melengkapi fiturnya dengan pilihan obat atau vitamin.


Ridwan Kamil: fitur obat gratis di Pikobar kerja sama dengan 10 perusahaan farmasi

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, hingga kini obat-obatan dan vitamin gratis sudah disalurkan ke ribuan pasien Covid-19 yang tengah isoman.

"Selama ini banyak aspirasi juga curhatan warga yang mengalami kesulitan mencari obat-obatan. Karena itu kami bekerjasama dengan 10 perusahaan farmasi memberikan solusi nyata, negara hadir di tengah masyarakat," ucap dia.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, ada tipe tipe paket obat-obatan. Paket A khusus pasien Covid-19 tanpa gejala, Paket B bagi yang bergejala ringan, Paket C bagi yang bergejala sedang.

“Obat paket A khusus OTG hanya vitamin suplemen, Paket B gejala ringan dengan obat antibiotik dan antivirus. Juga yang Paket C itu antivirusnya lebih keras dan mudah-mudahan sembuhnya juga lebih cepat,” beber Emil.

Hingga Kamis (8/7/2021) pukul 17:00 WIB, jumlah pengakses telekonsultasi Isoman sebanyak 4.931 orang dengan total pesan atau pertanyaan mencapai 14.082 pesan.

Sedangkan jumlah permohonan vitamin sebanyak 8.896 orang, dan 6 permohonan untuk obat.

“Ada 8 ribuan warga yang memohon bantuan obat-obatan dan vitamin, dan ada 11 ribuan pertanyaan konsultasi kepada tim dokter. Kurang lebih ada 13 tim dokter yang disediakan memberikan konsultasi oleh Dinkes Jabar,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/09/153000678/cerita-rizky-cari-obat-gratis-saat-isoman--akses-pikobar-jabar-saya-dapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke