Salin Artikel

Perjalanan Dinas ASN Diduga Jadi Sebab Lonjakan Kasus Covid-19 di Kalsel

Safrizal bahkan menyebut lonjakan kasus Covid-19 di Kalsel disebabkan oleh perjalanan Dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) ke berbagai daerah di tanah air.

"Mengapa kasus Covid-19 di Kalsel bertambah, karena perjalanan dinas," ungkap Safrizal kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Walaupun tak menyebut secara rinci jumlah penambahan kasus di Kalsel, Safrizal memilih membuat aturan yang melarang ASN melakukan perjalanan dinas.

Apalagi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang telah diterapkan pemerintah pusat.

"Kalau SKPD sudah kami larang perjalanan dinas ke Pulai Jawa dan Bali, kecuali sangat penting dan tak bisa diwakili," jelasnya.

Selain melarang ASN melakukan perjalanan dinas, Pemprov Kalsel juga akan memperketat PPKM mikro.

Pengetatan PPKM mikro terutama kepada daerah yang berstatus zona oranye dan kuning.

"Setiap kegiatan dilakukan pembatasan-pembatasan sampai 50 persen, dan dilaporkan kepada Satgas Covid-19 guna memastikan memenuhi standar protokol kesehatan," pungkasnya.

Data yang diterima dari Dinas Kesehatan Kalsel, kasus Covid-19 saat ini yang masih dalam penanganan sebanyak 1.129 pasien.

Dalam sepekan terakhir, terjadi penambahan kasus pasien positif sebesar 92,9 persen. Sementara kasus aktif bertambah sebesar 43,6 persen.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/07/201242578/perjalanan-dinas-asn-diduga-jadi-sebab-lonjakan-kasus-covid-19-di-kalsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke