Salin Artikel

Tak Bawa Surat Bebas Covid-19, Ratusan Pedagang Dilarang Masuk Pasar Hewan Siyono Harjo Gunungkidul

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Petugas gabungan melakukan penyekatan di sejumlah titik masuk menuju Pasar Siyono Harjo, Kapanewon Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pedagang dan pengunjung harus menunjukkan surat bebas Covid-19 saat akan masuk ke pasar hewan terbesar di Gunungkidul.

Namun, sebagian besar pedagang hanya mampu menunjukkan surat vaksin.

Karena tak miliki surat bebas Covid-19, ratusan pedagang yang sebagian besar menggunakan mobil bak terbuka ini diminta putar balik oleh petugas.

Mereka berhenti di beberapa titik, seperti jalan Yogyakarta-Wonosari, Pertigaan Kepil, dan sekitar RS PKU Muhammadiyah Wonosari sambil transaksi penjualan hewan.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto menambahkan, petugas melakukan penyekatan di empat titik masuk yakni, simpang 3 logandeng, simpang 3 Masjid Nurul Hadi, Logandeng, simpang 4 piyaman, dan simpang 4 kemorosari.

Diakuinya, akibat penyekatan ini banyak mobil pengangkut hewan berada di pinggir jalan.

"Selain di Pasar Hewan Siyono Harjo, besok kami akan melakukan penyekatan di Pasar Hewan Munggi, Kapanewon Semanu," kata Suryanto.

Salah seorang pengunjung Kelvian mengatakan, suasana di dalam pasar hewan cenderung sepi. Hal ini lantaran banyak pedagang yang tidak bisa masuk ke area pasar.

"Kebetulan saya mau beli kambing untuk kurban besok, kondisi pasar lebih sepi dari biasanya. Biasanya kalau mau hari raya Kurban mesti padat," kata Kelvian.

Sementara itu, Kepala Urusan Pengendalian Operasional Polres Gunungkidul Iptu Sumarno mengatakan, seluruh pedagang maupun pengunjung Pasar Siyono Harjo harus menunjukkan surat hasil rapid tes antigen negatif Covid-19.

"Kebijakan ini untuk mengurangi kerumunan," kata Sumarno saat ditemui di penyekatan pertigaan masjid Nurul Hadi, Kalurahan Logandeng.

Jika sudah membawa surat bebas Covid-19, pedagang wajib menjalankan protokol kesehatan.

Pihaknya berharap masyarakat memaklumi kebijakan tersebut, karena saat ini kasus Covid-19 di Gunungkidul cukup tinggi.

"Meski hal itu sulit ya kalau di pasar, tapi di dalam ada petugas yang mengingatkan pedagang untuk menjaga jarak, dan menggunakan masker," kata Sumarno

https://regional.kompas.com/read/2021/07/07/150511878/tak-bawa-surat-bebas-covid-19-ratusan-pedagang-dilarang-masuk-pasar-hewan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke