Salin Artikel

365 Nakes Positif Covid-19, Pelayanan 38 Puskesmas di Cilacap Sempat Terganggu

CILACAP, KOMPAS.com - Sebanyak 365 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Paguyuban Kepala Puskesmas Kabupaten Cilacap Joko Semedi mengatakan, ratusan nakes terpapar Covid-19 tersebut bertugas di 38 puskesmas.

"Belum termasuk (nakes) yang di rumah sakit, karena bukan ranahnya," kata Joko kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Untuk menjalankan fungsi para nakes, puskesmas mengoptimalkan petugas pelacak kontak erat dengan orang yang positif Covid-19 (tracer) dari unsur Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Satlinmas, tokoh masyarakat dan relawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, sejak seminggu terakhir sebagian nakes telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Benar, tapi kan sudah sekitar seminggu yang lalu. Sekarang sudah banyak yang sembuh," kata Pramesti.

Menurut dia, seluruh nakes yang terpapar tidak menunjukkan gejala yang berarti, sehingga cukup menjalani isolasi mandiri.

Dikatakan Pramesti, banyaknya nakes yang terpapar Covid-19 sempat membuat pelayanan di puskesmas terganggu.

"Bergantian puskesmas dilakukan sterilisasi 2x24 jam. Alhamdulillah pelayanan saling support antarpuskesmas yang berdekatan," ujar Pramesti.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/07/095522278/365-nakes-positif-covid-19-pelayanan-38-puskesmas-di-cilacap-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke