Salin Artikel

Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isoman di Kulon Progo Meningkat, 13 Kasus dalam 5 Hari

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo mencatat 13 kasus kematian isoman selama lima hari pada Juli 2021.

Mereka dilarikan ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 untuk pemulasaraan, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, RSUD Nyi Ageng Serang (RS NAS) hingga RS Pura Raharja.

“Bulan Juli sampai dengan hari ini ada 13 orang (isoman meninggal dunia),” kata Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo, Joko Satyo Agus Nahrowi, via pesan singkat, Senin (5/7/2021).

Isoman yang meninggal dunia ada di Kapanewon seperti Temon, Galur, Sentolo, Lendah, Wates, Panjatan, Kokap, Kalibawang dan Samigaluh. Kebanyakan adalah pasien berusia lanjut dengan komorbid.

“Kita masih mem-backup tugas PMI penjemputan jenazah isoman,” kata Joko.

Isoman meninggal dunia ini menyusul hal serupa pekan lalu.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo pernah mengungkap terdapat delapan kasus warga meninggal dunia selagi isoman pada akhir pekan Juni 2021.

Mereka tersebar di empat kapanewon yakni Kalibawang, Galur, Nanggulan dan Sentolo.

Kebanyakan mereka juga pasien lansia yang memiliki komorbid seperti jantung dan diabetes melitus.

“Pasien lansia ini sebelumnya sudah memiliki komorbid dan meninggal di rumah," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, TH Baning Rahayujati beberapa waktu lalu.


Hingga Senin (5/7/2021) ada 9.776 kasus orang terinfeksi Covid-19 di Kulon Progo.

Sebanyak 207 kasus masih dalam perawatan RS rujukan. Sejumlah 3.050 kasus isolasi mandiri di rumah dan 6.354 kasus lain telah sembuh.

Sementara itu, Gugus Tugas juga melaporkan kematian akibat Covid-19 antara satu hingga tujuh kasus positif hampir setiap hari.

Totalnya kini mencapai 165 kasus kematian.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/05/195024978/pasien-covid-19-meninggal-saat-isoman-di-kulon-progo-meningkat-13-kasus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke