Salin Artikel

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Ambon Tutup Pusat Keramaian Mulai 8 Juli

Pemkot Ambon memutuskan menutup pusat keramaian di ibu kota Provinsi Maluku itu dalam waktu dekat.

Rencana menutup pusat keramaian di Kota Ambon itu telah dibahas dalam rapat yang berlangsung di Balai Kota Ambon pada Senin (5/7/2021).

Dalam rapat tersebut disepakati pemberlakuan pembatasan pergerakan orang, alat transportasi, dan tempat keramaian akan mulai diberlakukan pada Kamis (8/7/2021).

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon Joy Adriansz mengatakan, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy akan mengeluarkan instruksi terkait hasil rapat tersebut.

“Sebelum diberlakukan, akan dilakukan sosialisasi selama tiga hari,” kata Joy saat dikonfirmasi, Senin.

Dari hasil rapat tersebut disepakati ada sejumlah tempat usaha dan pusat keramaian yang akan ditutup total dalam penerapan PPKM skala mikro di Ambon.

Sejumlah pusat keramaian yang akan ditutup yakni tempat hiburan malam, bioskop, tempat karaoke, permainan anak, tempat wisata, lapangan Merdeka, dan kafe.

Sedangkan tempat-tempat dan kegiatan sosial termasuk acara perkawinan akan dibatasi maksimal peserta 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.


Menurut Joy untuk bandara, pelabuhan, dan wilayah perbatasan akan kembali dijaga ketat petugas Satgas Covid-19.

“Rumah makan hanya bisa melayani pembelian dengan syarat pembeli tidak boleh makan di tempat,” katanya.

Dalam rapat tersebut, juga disepakati warga dari Kecamatan Salahutu dan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon yang hendak masuk ke kota Ambon diwajibkan membawa KTP dan surat keterangan dari desa.

Untuk diketahui, jumlah kasus terkonfirmasi di Kota Ambon dalam dua pekan terakhir terus mengalami lonjakan yang sangat tajam.

Hingga saat ini kasus terkonfirmasi di Kota Ambon telah mencapai 5.996 kasus. Dari jumlah itu sebanyak 5.530 pasien telah dinyatakan smebuh, 94 pasien meninggal dunia, dan 862 pasien masih menjalani perawatan.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/05/173513378/kasus-covid-19-meningkat-pemkot-ambon-tutup-pusat-keramaian-mulai-8-juli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke