Salin Artikel

Vaksinasi di Batam Terancam Terhambat, Ini Penyebabnya

Diperkirakan vaksin akan habis pada Selasa (6/7/2021), apabila pemerintah pusat tidak mendistribusikan stok vaksin dalam waktu dekat.

"Kami meminta disiapkan vaksin, agar seluruh tim tidak sampai berhenti," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, seperti dikutip dari Antara, Minggu (4/7/2021).

Ia mengatakan, apabila vaksinasi untuk masyarakat dan anak usia di atas 12 tahun berjalan sesuai jadwal harian, maka ketersediaannya hanya cukup hingga Senin.

"Kalau tidak (Senin), sisanya akan digunakan di Selasa," kata dia.

Rudi berharap, Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah pusat segera mendistribusikan vaksin, agar pelaksanaan vaksinasi massal tidak terhenti sementara.

Sebab apabila sempat terhenti, maka akan sulit memulainya lagi.

"Di Temenggung (pusat vaksinasi) kalau vaksin enggak ada, buyar semua. Kalau mau mengembalikan sulit lagi," kata Rudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi menyatakan, Batam masih membutuhkan setidaknya 270.000 dosis vaksin Covid-19 lagi.

Jumlah itu dibutuhkan agar target vaksinasi seluruh anak usia 12-17 tahun dan 70 persen warga tercapai pada akhir Juli 2021.

"Kita membutuhkan 27 ribu MDV," kata dia.


Sementara itu, hingga Sabtu lalu, sebanyak 443.452 warga telah menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 di Batam, atau 56,49 persen dari target.

Pemkot Batam terus mendorong pelaksanaan vaksin untuk mencapai target 70 persen warga sasaran menerima suntikan vaksin dosis pertama pada akhir Juli 2021.

Pemerintah membuka pusat vaksin di aula olahraga Temenggung Abdul Djamal, dan bekerja sama dengan komunitas dan organisasi masyarakat untuk menggelar vaksinasi di tempat yang mudah dijangkau masyarakat.

Pemerintah juga mendatangi permukiman warga untuk memberikan vaksin, dan di seluruh Puskesmas yang tersebar di penjuru kota.

Selain warga berusia di atas 18 tahun, Pemkot Batam juga mulai vaksinasi anak usia di atas 12 tahun.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/05/105923878/vaksinasi-di-batam-terancam-terhambat-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke