Salin Artikel

RSUP Dr Sardjito Bantah 6 Pasien Covid-19 Meninggal akibat Stok Oksigen Habis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Dr Sardjito DI Yogyakarta dikabarkan kehabisan oksigen medis. Akibatnya, enam pasien Covid-19 meninggal dunia.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD DI Yogyakarta Muhammad Yazid, Sabtu (3/7/2021).

"Ya saya dengar dari relawan di lapangan, barusan memberikan kabar bahwa RSUP Sardjito kehabisan oksigen. Ini kita sayangkan, karena ini tragedi kemanusiaan. Artinya, pemerintah mestinya tanggung jawab mestinya," katanya saat dihubungi wartawan, Sabtu.

Selain itu, kata Yazid, terdapat puluhan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sangat membutuhkan oksigen medis.

"Saya sudah konfirmasi teman-teman di Sardjito yang saya dengar ada 6 pasien meninggal sedangkan sekarang ada di IGD (perawatan) 20-an," ujarnya.

Ia menyayangkan, rumah sakit sekelas Dr Sardjito bisa dapat kehabisan oksigen di saat kasus Covid-19 melonjak.

"Terutama pemerintah daerah harus antisipasi. Kami sudah berkali-kali mengingatkan bahkan 2 minggu yang lalu, sebelum Covid-19 varian B.1.617 ini masuk Yogyakarta. Supaya sudah siap termasuk ketersediaan salah satunya oksigen," ujarnya.

Dirinya enggan menyebut siapa relawan yang memberikan informasi terkait pasien meninggal akibat kekurangan oksigen.

"Insyaallah berita ini dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswishanto membantah kabar enam pasien Covid-19 meninggal akibat kehabisan oksigen. 

"Meninggal (pasien) bukan karena oksigennya, tapi karena berat-berat dan memang kita fokuskan di Sardjito kasus yang berat. Tingkat kematiannya memang tinggi," katanya.

Ia juga membantah bahwa stok oksigen di RSUP Dr Sadjito habis. 

"Bukan kehabisan, ini lagi menunggu pasokan sedang dalam perjalanan," kata dia.

Ia menjelaskan, oksigen nantinya disalurkan dari tangki pembawa oksigen melalui saluran gas yang ada di RSUP Dr Sardjito.

"Tiba mungkin tengah malam kita masih tunggu karena ada beberapa kendaraan yang datang dari Kendal maupun Gresik," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/04/063436378/rsup-dr-sardjito-bantah-6-pasien-covid-19-meninggal-akibat-stok-oksigen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke