Salin Artikel

Gempa M 5,5 Guncang Bengkulu, Warga: Dinding Rumah Bergetar Kencang, Semua Berlarian Keluar

Gempa terpusat di 41 kilometer (Km) Barat Daya Seluma, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Gempa dengan guncangan yang terasa kencang ini terjadi saat hujan gerimis, sehingga sempat membuat kepanikan.

"Gempa ini cukup kuat sampai dinding rumah bergetar lumayan kencang dan hampir seluruh warga berlarian keluar rumah," kata Supratman, Ketua RT 02 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, seperti dikutip dari Antara, Sabtu. 

Tidak berpotensi tsunami, warga diminta waspada gempa susulan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG tetap meminta masyarakat Bengkulu mewaspadai adanya gempa susulan.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu Litman mengatakan titik episenter gempa bumi tersebut persisnya terjadi di koordinat 4.36 Lintang Selatan, 102.34 Bujur Timur atau 41 kilometer Barat Daya Seluma dengan kedalaman 26 kilometer.

Menurutnya, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," papar Litman.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan baik rumah masyarakat maupun fasilitas publik yang terdampak akibat gempa bumi tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/03/212001278/gempa-m-55-guncang-bengkulu-warga-dinding-rumah-bergetar-kencang-semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke