Salin Artikel

NTB Berencana Gratiskan Layanan Rapid Test Antigen untuk Wisatawan

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, hal ini merupakan salah satu upaya untuk menarik wisatawan datang ke NTB di tengah pandemi.

"Daripada menggelontorkan dana untuk program yang belum tentu mendatangkan wisatawan. Kenapa tidak memberikan insentif bagi Wisatawan dengan strategi menggratiskan rapid test misalnya," Kata Gubernur Zul, dikutip dalam rilis tertulis, Jumat (2/7/2021).

Menurutnya, memberi layanan rapid test antigen gratis bagi wisatawan lebih bermanfaat daripada menggelontorkan dana untuk program yang belum tentu mendatangkan wisatawan.

Untuk alat rapid test, nantinya dapat dibeli di Laboratorium Hepatika yang memproduksi alat rapid test antigen Entram asli buatan NTB.

Hal ini tentu bisa sekaligus mendatangkan manfaat bagi industrialisasi yang tengah berkembang di NTB.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah gencar menyiapkan zona hijau yang aman dikunjungi wisatawan.

Zona hijau yang dimaksud, adalah destinasi wisata yang telah memenuhi sertifikasi CHSE berupa penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Juga sudah melaksanakan vaksinasi pada pelaku pariwisata, petugas restoran dan petugas hotel.

Selain itu, disediakan Hotel untuk isolasi dan penyediaan lokasi rapid test yang mudah diakses.

Kepala BPPD NTB, Ari Garmono berharap zona hijau bagi wisatawan bisa dipercepat agar wisatawan merasa aman datang berwisata ke NTB.

"Pergub  terkait green zone semoga bisa dipercepat agar wisatawan percaya NTB benar-benar aman dikunjungi," kata Ari.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/03/130347378/ntb-berencana-gratiskan-layanan-rapid-test-antigen-untuk-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke