Salin Artikel

PPKM Darurat Siap Digelar, Ganjar: Saya Ingin Lihat Jalan-jalan di Jateng Sepi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengaku siap melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kebijakan ini akan digelar 3-20 Juli 2021 di Jawa dan Bali.

Digagas oleh pemerintah pusat, PPKM Darurat merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19.

Ganjar berharap agar masyarakat bisa mendukung kebijakan ini dengan cara menaati protokol kesehatan.

"Kita sudah lelah, sudah capek, sudah lama menghadapi pandemi ini. Dukungannya tidak sulit pakailah maskermu seketat mungkin di manapun kalian berada. Kalau itu bisa ini akan sangat membantu. Lalu tidak berkerumun, maksimum 3 orang, lebih dari tiga orang tolong bubarkan diri. Kalau tidak nanti ketemu aparat pasti dibubarkan. Kemudian tidak bepergian jika tidak penting," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (1/7/2021).

Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap berada di rumah.

"Mudah-mudahan kalau 3 Juli PPKM Darurat ditetapkan dan semua bisa disiplin, saya pengen lihat jalan-jalan di Jateng sepi. Dan itu bentuk pertunjukan partisipasi dari masyarakat. Yuk kita tunjukkan agar kita bisa tahu sehingga yang berlalu lalang itu adalah orang-orang yang memang betul-betul membutuhkan perjalanan itu," ucapnya.

Sebanyak 35 kabupaten/kota di Jateng bakal menjalankan PPKM Darurat.

Terdapat 13 daerah yang masuk asesmen level 4. Daerah-daerah itu, yakni Kabupaten Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Klaten, Kebumen, Grobogan, Banyumas, Kota Tegal, Surakarta, Semarang, Salatiga, dan Magelang.

Sedangkan, 22 wilayah lainnya masuk dalam asesmen level 3. Ini daftarnya: Kabupaten Wonosobo, Wonogiri, Temanggung, Tegal, Sragen, Semarang, Purworejo, Purbalingga, Pemalang, Pekalongan, Magelang, Kendal, Kabupaten Karanganyar, Jepara, Demak, Cilacap, Brebes, Boyolali, Blora, Batang, Banjarnegara, dan Kota Pekalongan.

Adanya penyelenggaraan PPKM Darurat di Jateng ini, Ganjar meminta supaya masyarakat tidak panik.

"Jangan panik, kita hanya butuh mengetatkan saja. Tindakan-tindakan ini karena situasinya sedang tidak baik-baik saja. Memang butuh tindakan yang lebih ketat dan serius," ungkapnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/07/02/185027678/ppkm-darurat-siap-digelar-ganjar-saya-ingin-lihat-jalan-jalan-di-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke