Salin Artikel

72 Pasien Covid-19 di RS Lapangan Surabaya Sembuh, 5 di Antaranya Anak-anak

Menurut Nalendra, kesembuhan pasien tak lepas dari dedikasi para tenaga medis dan relawan di RS Lapangan Indrapura.

"Dengan kesembuhan 72 pasien termasuk lima di antaranya adalah anak-anak, hari ini membuktikan bahwa Covid-19 varian apa pun bisa disembuhkan asal ditangani dengan baik melalui monitoring serta penanganan komprehensif setiap pasien," kata Nalendra di Surabaya, Jumat (2/7/2021).

Kesembuhan massal itu, kata Nalendra, mendekati rekor kesembuhan terbanyak yang pernah dicatat RSLI Surabaya pada 25 Desember 2020. Saat itu, 75 pasien Covid-19 sembuh.

Nalendra mengatakan, kesembuhan ini juga membawa angin segar bagi pasien positif Covid-19 yang sudah mengantre tempat perawatan di RS Lapangan Surabaya.

"Mengingat kapasitas RSLI 410 bed, dengan antrian yang mencapai 170 pada pagi hari tadi, maka aliran pasien masuk dan keluar (flow) harus diatur dengan baik," kata dia.

Nalendra menegaskan, semakin banyak pasien Covid-19 sembuh yang dipulangkan, semakin banyak penderita Covid-19 yang bisa ditolong.

“Alhamdulillah hari ini wisuda lebih dari 70 orang. Akan memberikan kesempatan puluhan orang dari daftar inden penderita Covid-19 untuk segera masuk dan ditangani oleh RS Lapangan Indrapura.“ ujar dr Nalendra.

Nalendra menjelaskan, peningkatan kasus Covid-19 di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, disebabkan klaster keluarga dan institusi.

Nalendra menyebut, dalam sebulan terakhir, RS Lapangan Surabaya menampung pasien dari 65 keluarga dan 14 institusi.


Nalendra pun berpesan agar masyarakat tak bosan menerapkan protokol kesehatan.

"Hingga saat ini dari  data yang ada di Relawan pendamping pada Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RSLI yang dikomandani Radian Jadid, didapatkan bahwa selama setahun lebih beroperasi Total Pasien Masuk  8.464 orang, total pasien sembuh 7762 orang," jelas Nalendra.

Angka kesembuhan RSLI mencapai 95,68 persen. RSLI Surabaya yang memiliki kapasitas 410 tempat tidur itu telah diisi 338 pasien Covid-19. Sebanyak 152 pasien juga telah masuk daftar antrean.

RSLI menerima pasien covid-19 yang sudah terkonfirmasi swab PCR positif, dengan kondisi tanpa gejala, gejala ringan, dan gejala sedang.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/02/113757578/72-pasien-covid-19-di-rs-lapangan-surabaya-sembuh-5-di-antaranya-anak-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke