Salin Artikel

Rusunawa Suradadi Tegal dan 4 Puskesmas Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

TEGAL, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, menyiapkan Rusunawa Suradadi dan beberapa puskesmas untuk dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19.

Bupati Tegal Umi Azizah menuturkan, tempat isolasi terpusat ini akan siap digunakan mulai awal Juli ini.

"Saat ini BOR untuk pasien Covid-19 sudah 86 persen dari 490 tempat tidur. Maka dengan adanya ruang isolasi terpusat ini, pasien bergejala ringan bisa diarahkan ke sini,” kata Umi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7/2021).

Dijelaskan Umi, rusunawa yang berada persis di belakang RSUD Suradadi ini memiliki 88 tempat tidur untuk isolasi tingkat kota.

Sedangkan di puskesmas, nantinya disiapkan puluhan tempat tidur sebagai tempat isolasi terpusat tingkat kecamatan.

"Jumlah kasus Covid-19 masih terus meningkat. Sehingga kebutuhan tempat tidur dan ruang isolasi harus ditambah," kata Umi.

Umi berharap, penyiapan ruang isolasi terpusat kecamatan dengan memanfaatkan fasilitas puskesmas ini bisa dipercepat agar segera digunakan.

"Targetnya, siap beroperasi di minggu pertama Juli untuk puskesmas, dan pertengahan Juli untuk rusunawa," kata Umi.

Nantinya, kata Umi, tempat isolasi terpusat hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 bergejala ringan dan tanpa gejala yang tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr. Hendadi menyatakan, kesiapannya mencapai target pengoperasian tempat isolasi terpusat tersebut.

Sejumlah puskesmas yang disiapkan di antaranya Puskesmas Bojong dengan 15 tempat tidur, Puskesmas Bumijawa 10 tempat tidur, Puskesmas Jatinegara 9 tempat tidur, dan Puskesmas Suradadi 8 tempat tidur.

"Pasien bergejala ringan seperti demam, flu ataupun batuk dapat menjalani isolasi di tempat ini. Tapi jika sudah mengalami gejala sesak nafas, akan dirujuk perawatannya ke rumah sakit," katanya.

Meski demikian, Hendadi menyebut tempat isolasi terpusat ini fungsinya lebih sebagai alternatif bila memang dari satgas pemerintah desa melalui Jogo Tonggo tidak bisa menyediakan tempat isolasi di desa maupun unit lingkungannya.

"Sementara untuk layanan kedaruratan Covid-19, masyarakat bisa menghubungi layanan telepon PSC 119 atau 08112626119," tambah Hendadi.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/01/224422778/rusunawa-suradadi-tegal-dan-4-puskesmas-jadi-tempat-isolasi-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke