Salin Artikel

Kamis Ini, Palembang Mulai Memberlakukan Ganjil Genap

Kebijakan itu dilakukan untuk menekan lonjakan kasus Covid-19.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, ia telah berkordinasi dengan Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri dalam menerapkan sistem ganjil genap.

"Terhitung 1 Juli 2021, kita berlakukan ganjil genap bertepatan dengan HUT ke-75 Bhayangkara. Surat Keputusan akan saya tandatangani, dan kita nanti juga akan berkoordinasi dengan Kadishub dan semua jajaran Satgas Covid-19 untuk melakukan pengawasan di lapangan," kata Herman dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis.

Herman berharap, aturan ganjil genap ini nantinya dapat mengurangi pergerakan masyarakat supaya tidak menimbulkan kerumunan.

"Meskipun kebijakan ini kita berlakukan, kita juga tidak mau nantinya ini akan memengaruhi ruang gerak kita dalam kegiatan sehari-hari.  Karena ini juga berlakunya di hari-hari tertentu," kata Herman.

Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri mengatakan, ganjil genap hari ini diharapkan bisa berjalan efektif dalam mengurangi lonjakan kasus Covid-19.

Sebab, mobilitas orang akan berkurang.

"Saya bersama jajaran mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur yang selalu sigap menerima kunjungan kerja kami. Semoga juga ke depannya kita bisa selalu kondusif dalam melaksanakan tugas-tugas nantinya," kata Eko.

Sementara itu, Herman juga mendukung pelaksanaan puncak HUT Bhayangkara.

Kendati begitu, pelaksanaan harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya juga sarankan bagi tamu yang hadir dalam acara HUT Bhayangkara nantinya mengenakan pakaian adat. Hal ini agar kearifan lokal di Sumsel tetap terjaga," ujar Herman.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/01/091748178/kamis-ini-palembang-mulai-memberlakukan-ganjil-genap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke