Salin Artikel

92 Nakes Terpapar Covid-19, RS Rujukan di Tegal Kekurangan Tenaga Medis

TEGAL, KOMPAS.com - Sedikitnya 92 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Tegal sedang menjalani perawatan intensif dan isolasi mandiri setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

Akibatnya, fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Tegal, utama rumah sakit rujukan pasien Covid-19 saat ini kekurangan nakes.

"Memang saat ini kita kekurangan nakes. Ada puluhan nakes terpapar saat ini," kata Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Prima Indraswari, ditemui di RSUD Kardinah, Rabu (30/6/2021).

Prima merinci mereka yang terpapar adalah di RSUD Kardinah ada 16 nakes, RSUI Harapan Anda 8, RS Mitra Keluarga 13 dan pegawai Dinas Kesehatan 9 orang.

Kemudian di Puskesmas Tegal Timur 7, Puskesmas Bandung 4, Puskesmas Debong Lor 7, Puskesmas Slerok 6, Puskesmas Margadana 1, Puskesmas Tegal Barat 2, Puskesmas Kaligangsa 1, dan nakes di luar rumah sakit dan puskesmas ada 7.

"Mereka yang terpapar saat ini masih ada yang dirawat di beberapa rumah sakit. Tapi lebih banyak yang isoman di rumah. Ada juga yang isoman di Rusunawa," sebut Prima.

Karena kondisi tersebut, Prima mengaku sempat kewalahan dan kembutuhkan nakes yang cukup banyak terutama untuk merawat pasien Covid-19 di mana kasusnya tengah melonjak.

"Kita kekurangan dokter, analis, perawat, sampai sopir ambulans. Selain dokter ada yang terpapar, juga ada dokter yang kembali sekolah," kata Prima.

Prima mengatakan, saat ini, utamanya RSUD Kardinah tengah membuka rekrutmen relawan nakes.

"Rencananya membuka rekrutmen. Karena memang sudah ada anggarannya juga," kata Prima.

Prima menambahkan, kasus Covid-19 di Kota Tegal memang sedang melonjak cukup tinggi.

Saat ini lebih dari 300 kasus aktif warga ber-KTP Kota Tegal.

"Kasus aktif sekarang mencapai 321. Dari jumlah itu yang dirawat 60. Sisanya isoman. Saya mengimbau yang isoman tetap harus tetap terpantau, jika sesak nafas segera ke rumah sakit," kata Prima.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/30/194939678/92-nakes-terpapar-covid-19-rs-rujukan-di-tegal-kekurangan-tenaga-medis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke