Salin Artikel

Isoman karena Tak Dapat Ruang Isolasi, 2 Pasien Covid-19 Meninggal

Sebelum meninggal, keduanya tak sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit untuk kedua kalinya, karena di waktu bersamaan ruang isolasi rumah sakit rujukan Covid-19 di Brebes sedang penuh.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes dr. Sartono mengungkapkan, keduanya sempat dirawat di rumah sakit sebelum pertama dinyatakan Covid-19.

"Cerita sesungguhnya orang itu sudah pernah dirawat di rumah sakit. Ada yang di RS Mitra Tegal. Setelah stabil pulang, isoman di rumah. Namun terjadi serangan kedua. Masuk rumah sakit kebetulan sedang penuh," kata Sartono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Diakui Sartono, beberapa hari terakhir ketersediaan ruang rawat intensif di sejumlah rumah sakit rujukan di Brebes memang jumlahnya terkadang ada, terkadang penuh.

"Naik turun. Kadang penuh kadang ada. Persoalan lainnya, karena juga banyak nakes yang sedang isoman. Maka tidak bisa melayani banyak pasien," ujarnya.

Sartono pun kembali memgingatkan masyarakat agar disiplin menjaga protokol kesehatan 5M.

Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas karena pandemi belum berlalu.

Kepala Kelurahan Brebes, Slamet Riyadi mengungkapkan, kedua pasien yang meninggal berinisial K (48) dan O (52).


Keduanya telah dimakamkan dengan protokol kesehatan di TPU Gamprit dan Karangbirahi, Selasa (29/6/2021).

"Keduanya meninggal di rumah karena tidak dapat bed di rumah sakit. Alasannya rumah sakit semua penuh," kata Slamet Riyadi kepada wartawan.

Slamet menuturkan, sebelum divonis positif Covid-19, K sempat mendapat perawatan di RS Mitra Keluarga Tegal.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, pihak rumah sakit menyarankan agar K pindah rumah sakit karena ruang isolasi sedang penuh.

Selanjutnya, kata Slamet, pihak keluarga berusaha mencari rumah sakit lain yang masih tersedia tempat tidur.

Salah satunya dengan mendatangi RSUD Brebes.

"Keluarga sudah mencari tempat di rumah sakit Brebes. Namun semua tempat tidur penuh, akhirnya pasien isolasi di rumah. Sampai akhirnya meninggal dunia," katanya.

Sedangkan pasien lain berinisial O, sebelum meninggal saat isolasi di rumahnya juga sempat dirawat di RS Dedy Jaya tapi kemudian dirujuk ke RSUD Brebes karena diketahui positif Covid-19.

Namun begitu diketahui ruang isolasi di RSUD Brebes penuh, O akhirnya dibawa ke rumah untuk isolasi hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/29/201449578/isoman-karena-tak-dapat-ruang-isolasi-2-pasien-covid-19-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke