Salin Artikel

Usia 18 Tahun, Relawan Pemakaman Covid-19 Ini Makamkan 200 Jenazah Pasien Selama Pandemi

Ia bergabung sebagai relawan pemakaman di PMI Kota Madiun sejak setahun terahir saat masih duduk di kelas XII SMKN I Kota Madiun. Tepatnya sejak Agustu 2020.

Walaupun sudah lulus SMA, dia tetap melanjutkan kegiatannya sebagai relawan pemakaman.

Selama menjadi relawan, ia mengaku telah memakamkan sekitar 200 jenazah pasien Covid-19 di Kota Madiun.

Kepada Kompas.com, pemuda kelahiran 27 November 2002 ini mengaku bergabung bukan karena paksaan, namun karena prihatin banyaknya orang yang terpapar Covid-19 hingga meninggal dunia.

“Saya bergabung itu bukan paksaan. Tapi hati saya tergerak karena prihatin banyaknya orang terkena Covid-19 hingga meninggal dunia,” ujar Fitra saat diwawancara Kompas.com, pekan lalu.

Saat bergabung menjadi relawan, ia harus siap setiap saat karena proses pemakaman dapat berlangsung hingga tengah malam.

Bahkan ia beberapa kali medapatkan panggilan tengah malam dan bekerja hingga dini hari.

“Dapat panggilan untuk ikut memakamkan (jenazah pasien Covid-19) tengah malam hingga dini hari itu sudah biasa,” ujar Fitra.

Walaupun jadi relawan pemakaman pasien Covid-19, ia mengaku tak takut terpapar karena ia dan tim selalu menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Selama memilih menjadi petugas pemakaman jenazah, ia tak mendapatkan diskriminasi. Saat pulang ke rumah, keluarga dan tetangganya berperilaku seperti biasa.

Karena sebelum pulang, Fitra menjalani proses sterilisasi di kantornya agar tidak terpapar virus.

Salah satunya ia harus tidur di makam karena jenazah yang terus berdatangan dan menunggu penggali liang lahad.

“Terkadang kami harus tidur di makam, selama satu hari full. Dari pagi sampai pagi kami menunggu kedatangan jenazah dan menunggu orang menggali kuburan,” ujar Fitra.

Tak hanya itu. Ia juga pernah menjadi imam slahat jenazah pasien Covid-19.

Saat itu modin sedang sakit, dan saat jenazah tiba, pihak keluarga meminta untuk langsung dimakamkan. Walapun usianya masih muda, Fitra ditunjuk untuk menggantikan posisi modin.

“Saat jenazah datang keluarga minta disalatkan. Kebetulan modin di sana saat itu sakit. Saya akhirnya ditunjuk untuk menggantikan peran modin untuk mengimami pelaksanaan salat jenazah sekaligus memimpin doa,” kata Fitra.

Mendapatkan penghargaan dari Kapolres

Pilihan Fitra didukung oleh kedua orangtuanya yakni Agus Riyadi dan Sri Widayanti.

Bahkan lelaki yang baru lulus SMK ini mendapatkan apresiasi langsung dari Kapolres Madiun Kota, AKBP Dewa Putu Made Darmawan.

Penghargaan diberikan pada tahun 2020 saat ia masuk duduk di bangku sekolah.

Saat ini Fitra melanjutkan kuliah di pendidikan bidang kesehatan masyarakat di salah satu kampus swasta di Madiun di sela-sela kegiatannya sebagai relawan.

Agar tak terpapar Covid-19, ia selalu rajin menjaga imun dengan olahraga, vitamin dan makanan bergizi.

“Untuk jaga imun harus raji olahraga, minum vitamin dan makanan bergizi. Sementara jaga iman harus rajin beribadah dan berdoa. Dan alhamdulillah saat ini saya masih diberikan kesehatan dan kekuatan menjadi relawan,” kata Fitra.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Muhlis Al Alawi | Editor : Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/29/141500178/usia-18-tahun-relawan-pemakaman-covid-19-ini-makamkan-200-jenazah-pasien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke