Salin Artikel

Covid-19 di Kabupaten Tegal Melonjak, Rusunawa Suradadi Disiapkan Jadi Lokasi Isolasi Terpusat

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tegal menyiapkan Rusunawa Suradadi yang berada persis di belakang RSUD Suradadi sebagai tempat isolasi terpusat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr. Hendadi Setiadi saat menerima inspeksi mendadak tahap akhir pembangunan rusunawa oleh anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani, Sabtu (26/6/2021).

"Untuk BOR rumah sakit sudah 80 persen, itu sudah tinggi. Maka rusunawa di belakang RSUD Suradadi jadi pilihan alternatif untuk isolasi terpusat," kata Hendadi, kepada wartawan.

Hendadi menyebut, rusunawa bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tersebut, sesuai kontrak pembangunannya, akan rampung pertengahan bulan depan.

"Namun melihat meningkatnya kasus cukup banyak, pekan depan mudah-mudahan minimal lantai tiga bisa dipakai sambil menunggu semuanya rampung pertengahan Juli," kata Hendadi

Hendadi mengatakan, tahap pertama di lantai tiga rusunawa bisa menampung 32 pasien dengan 16 kamar tidur

"Sementara total dari lantai satu sampai tiga kapasitasnya ada 84 tempat tidur," tambahnya.

Selain menyiapkan rusunawa, sejumlah Puskesmas juga disiapkan jadi tempat isolasi untuk pasien tanpa gejala dan gejala ringan.

"Jadi isolasi terpusat ada dua skenario. Selain rusunawa, pekan depan ada enam Puskesmas jadi isolasi terpusat. Dengan masing-masing 10 sampai 15 tempat tidur. Jadi ke depan sedang kita upayakan semua puskesmas juga ada tempat isolasi," pungkasnya.

Anggota Komisi IX DPR RI yang juga membidangi kesehatan, Dewi Aryani mengaku mengapresiasi langkah cepat Pemkab Tegal dalam merespons tingginya kasus Covid-19.

"Karena banyak juga yang tanpa gejala dan gejala ringan namun rumahnya kurang layak untuk isolasi dan berisiko bagi keluarga dan lingkungannya. Dan Pemkab telah merespons dengan baik," kata Dewi.

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan mengaku akan membantu mengirimkan relawan dan membuka dapur umum untuk suplai makanan tambahan agar yang sedang isolasi di rusunawa bisa segera pulih.

"Meski makanan yang isolasi sudah disiapkan Pemkab, namun nanti kita juga akan siapkan relawan dan dapur umum untuk membantu asupan gizi atau makanan tambahan dalam bentuk yang lain," kata Dewi.

Ditambahkan Dewi, dibutuhkan sinergitas lintas kementerian dan lembaga dalam membantu percepatan penanganan Covid-19. Termasuk peran serta masyarakat dalam bergotong royong memerangi pandemi.

"Mudah-mudahan saya punya kesempatan untuk mendorong KemenPUPR agar cepat dilengkapi fasilitasnya. Memang harus ada sinergi lintas kementerian dan lembaga. Jadi tidak hanya Kemenkes sendiri," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/27/063004478/covid-19-di-kabupaten-tegal-melonjak-rusunawa-suradadi-disiapkan-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke