Salin Artikel

Situs PPDB "Error", Gubernur Banten Putuskan Siswa Bisa Daftar secara Offline

SERANG, KOMPAS.com - Situs pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2021 di Provinsi Banten bermasalah sejak hari pertama dibuka pada Senin (21/6/2021).

Pada hari kedua, para calon siswa pun mengeluhkan sulitnya mengakses situs resmi PPDB Banten karena error.

Gubernur Banten, Wahidin Halim pun geram mengetahui terjadi masalah pada proses pendaftaran PPDB.

Wahidin meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten untuk mengubah sistem pendaftaran PPDB dari online menjadi offline.

"Sekarang kita kembalikan lagi kepada sistem manual dan kembalikan kepada sekolah. Iya (sistem) offline," kata Wahidin kepada wartawan di gedung DPRD Banten, Selasa (22/6/2021).

Wahidin mengungkapkan, penyebab situs web PPDB error karena adanya kendala teknis, yakni server tidak sanggup menerima traffic kunjungan yang tinggi.

"Bebannya terlalu berat, kemampuan kita terbatas karena (pengunjung) banyak dari luar Banten juga semua ke sini, penuh, jadi meledak rupanya," ujar Wahidin.

Padahal, Wahidin mengaku sudah melakukan langkah antisipasi dengan merubah proses pendaftaran PPDB ke masing-masing sekolah.

"Sudah saya pindahkan dari dulu penanganannya di masing-masing sekolah, dikembalikan lagi ke sini dengan sistem terpusat," kata Wahidin.

Wahidin menegaskan akan melakukan evaluasi proses PPDB tahun 2021 dan akan memberikan sanksi berupa pemecatan kepada petugas yang menangani situs web PPDB.

"Akan dievaluasi, dipecat yang tangani itu (petugas situs webnya)," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/22/222844678/situs-ppdb-error-gubernur-banten-putuskan-siswa-bisa-daftar-secara-offline

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke