Salin Artikel

Selain PPKM Mikro, Ini 4 Langkah Pemkot Malang Tangani Peningkatan Kasus Covid-19

Langkah pertama adalah menyadarkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Penguatan pemahaman masyarakat kalau Covid-19 ini belum berlalu," kata Wali Kota Malang Sutiaji usai rapat koordinasi di Mini Block Office Kota Malang, Selasa (22/6/2021).

Penguatan pemahaman ini akan dilakukan oleh pihak kelurahan. Selain itu, Pemkot Malang akan mengajak seluruh tokoh masyarakat untuk mengingatkan kembali masyarakat tentang protokol kesehatan Covid-19.

"Dari kelurahan masing-masing, mereka mobile. Kami juga akan minta tokoh masyarakat, para kiai, para ustadz, takmir, FKUB, para pendeta, romo dan semuanya (untuk mengingatkan masyarakat). Kita akan buat surat edaran lagi," jelasnya.

Kedua, Pemkot Malang akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 varian baru yang lebih berbahaya bagi tubuh.

"Informasi kepada masyarakat bahwa ada varian baru yang lebih ganas," katanya.

Ketiga, Sutiaji mempertimbangkan pemberian insentif kepada rukun tetangga (RT). Hal ini untuk menunjang efektivitas pelaksanaan PPKM mikro.

Sebelumnya, setiap RT mendapat insentif sebesar Rp 500.000.

"Kami akan pertimbangkan berkaitan dengan masalah stimulasi untuk RT. Kemarin kita kasih Rp 500.000. Informasi dari Pak Lurah (stimulasi) sangat efektif," jelasnya.


Keempat, Pemkot Malang akan menggencarkan vaksinasi untuk masyarakat umum.

"Saya minta data dari kelurahan yang sudah divaksin berapa. Sehingga nanti ke depannya akan semakin mempercepat vaksinasi yang ada di masyarakat," jelasnya.

Diketahui, penambahan kasus Covid-19 di Kota Malang semakin meningkat. Dalam satu bulan terkahir, sudah ada lima klaster sebaran Covid-19 di Kota Malang.

Sementara itu, berdasarkan data sebaran Covid-19 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, jumlah kasus aktif di Kota Malang per Selasa (22/6/2021) sebanyak 94 orang.

Total, kasus terkonfirmasi sebanyak 6.906 orang. Sembuh sebanyak 6.160 orang dan meninggal 652 orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/22/180618078/selain-ppkm-mikro-ini-4-langkah-pemkot-malang-tangani-peningkatan-kasus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke