Salin Artikel

Gubernur Murad Lantik Bupati Perempuan Pertama di Maluku

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Murad Ismail melantik Safitri Malik Soulisa dan Gerson Eliaser Selsily sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan periode 2021-2026.

Pelantikan berlangsung di Aula lantai VII Kantor Gubernur, Selasa (22/6/2021).

Keduanya ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih oleh KPU Buru Selatan setelah menang dalam Pilkada Buru Selatan yang berlangsung pada 9 Desember 2020 lalu.

Pelaksanaan pelantikan Safitri-Gerson, dilakukan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.81-1247 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas Keputusan Mendagri Nomor 131.81-380 Tahun 2021.

Safitri merupakan istri mantan Bupati Buru Selatan dua periode, Tagop Soulissa. Ia merupakan perempuan pertama di Maluku yang dilantik sebagai kepala daerah.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, para pemimpin harus memiiki ketulusan serta kesungguhan hati untuk melayani masyarakat.

Ia juga berpesan kepada Safitri dan Gerson untuk dapat mewujudkan visi misinya untuk menyejahterakan masyarakat.

Selain itu, gubernur juga mengingatkan Maluku saat ini sedang berhadapan dengan fenomena bencana alam maupun non alam.

Karena itu, kedua pemimpin yang baru dilantik untuk mengambil langkah penanganan tepat guna menjamin keselamatan masyarakat Buru Selatan.

"Seorang kepala daerah harus mampu mengentaskan kemiskinan. Kemudian bisa menyejahterakan masyarakatnya dan kepala daerah harus mampu menjaga dan mempertahankan sumber daya alamnya, agar dapat dimanfaatkan generasi sekarang dan yang akan datang," kata dia.


Murad juga meminta kerja keras Bupati dan Wakil Bupati terpilih guna mendorong peningkatan PAD, pertumbuhan ekonomi serta mengangkat daya saing daerah.

Juga membangun komunikasi dengan berbagi pihak untuk memudahkan kehadiran investasi sehingga membuka lapangan kerja baru.

"Saya mintakan untuk memperhatikan pelayanan kesehatan, pendidikan, sosial, pembangunan infrastruktur dan perumahan sebagai urusan wajib yang bersifat pelayanan dasar," ujar Gubernur.

Sebagai pimpinan di daerah, Murad juga mengingatkan Safitri dan Gerson untuk melakukan perubahan mindset jajaran birokrasi daerah agar bekerja lebih inovatif, punya kredibilitas serta berkinerja yang baik.

Selain itu, bupati dan wakil bupati diminta untuk tetap berkoordinasi, kolaborasi dan komunikasi dengan DPRD, penegak hukum dan elemen masyarakat Buru Selatan, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan lebih baik.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Maluku, TNI/Polri serta seluruh masyarakat Buru Selatan yang telah mengawal tahapan pilkada sampai dengan pelantikan.

"Terima kasih juga saya sampaikan kepada Bupati Bursel sebelumnya Tagop Soulisa, atas karya dan pengabdiannya selama kurun waktu 10 tahun memimpin Buru Selatan," tutup Gubernur. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/22/180508878/gubernur-murad-lantik-bupati-perempuan-pertama-di-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke