Salin Artikel

7 Orang dalam 1 Keluarga di Malang Positif Covid-19 Setelah Pulang Takziah dari Bangkalan

Mereka positif Covid-19 setelah pulang dari takziah ke rumah keluarganya yang meninggal di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Dari tujuh orang yang positif itu, satu di antaranya meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, klaster sebaran Covid-19 itu diketahui setelah satu dari anggota keluarga besar itu sakit pada Minggu (20/6/2021).

Pasien yang meninggal itu dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

"Ada gejala sehingga periksa dulu ke Puskesmas. Karena masuk di dalam Prolanis, jadi ada kontrol potensi diabetes melitus. Setelah tiga hari beliaunya merasakan sakit kemudian diperiksa di Rumah Sakit Panti Nirmala dan rawat inap. Kemudian setelah dua malam tiga hari, meninggal dengan hasil swab yang positif," kata Husnul usai menghadiri acara di Kota Malang, Selasa (22/6/2021).

Takziah ke Bangkalan

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, satu keluarga besar yang terdiri dari sembilan orang itu takziah ke Bangkalan. 

Sebagian dari mereka menginap hingga tujuh hari di Bangkalan. Sementara anggota keluarga lainnya pulang ke Malang.

"Kalau yang Bandulan ini ada takziah ke Bangkalan. Jadi takziah ke Bangkalan karena kebetulan ada kerabatnya meninggal di situ. Setelah takziah, sebagian pulang, sebagian keluarga besarnya masih di sana untuk tujuh hari," katanya.


Setelah diketahui ada yang positif, semua anggota keluarga itu menjalani tes cepat antigen.

Hasilnya, enam orang dinyatakan reaktif berdasarkan tes cepat antigen. Sehingga total, terdapat tujuh anggota keluarga yang positif Covid-19.

"Keluarga besarnya ada sembilan. Kemudian enam di antaranya hasil swab antigennya positif. Ini sudah kita geser ke Rumah Sakit Sakit Lapangan Ijen Boulevard," kata Husnul.

Tidak hanya itu, tes cepat antigen juga dilakukan terhadap 33 warga yang ikut dalam takziah itu. Hasilnya, negatif.

"Siapa lagi yang terlibat dalam takziah ini, kita cari. Ternyata kemarin dapat 33 orang. Kemudian kita jadwalkan untuk swab antigen kemarin. Dari 33 semuanya negatif," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/22/164444078/7-orang-dalam-1-keluarga-di-malang-positif-covid-19-setelah-pulang-takziah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke