Salin Artikel

Awal Mula 76 Pengungsi Longsor Terpapar Covid-19 di Cianjur

CIANJUR, KOMPAS.com - Jumlah pengungsi korban longsor di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah.

Semula, tercatat 56 orang pengungsi diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian pada Senin (21/6/2021) bertambah menjadi 76 orang.

Adapun warga yang terpapar merupakan korban bencana tanah longsor yang sedang mengungsi di sebuah madrasah tak jauh dari lokasi bencana.

"Awalnya ada 56 yang terpapar, hasil tracing lanjutan bertambah tiga orang dan bertambah lagi 17 orang," kata Camat Cibeber, Ali Akbar saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Ali mengungkapkan para pengungsi tersebut diketahui positif Covid-19, setelah salah satu pengungsi alami kehilangan indera penciuman (anosmia).

"Bermula dari seorang pengungsi yang mengeluhkan anosmia. Lantas diperiksa oleh petugas medis puskesmas dan di tes antigen. Hasilnya ternyata positif," kata Ali saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Pihak puskesmas, kata Ali, kemudian melakukan tracing atau pelacakan kontak erat dan tes swab antigen terhadap 96 orang pengungsi lainnya di lokasi yang sama, termasuk kepada sembilan orang relawan.


Ali menambahkan, kini sebanyak 76 orang warga yang terpapar telah dipisahkan dari pengungsi lain untuk menjalani isolasi mandiri.

"Saat ini mereka yang terpapar sudah diisolasi di lantai dua madrasah yang menjadi lokasi pengungsian di bawah pengawasan ketat tim medis dan gugus tugas," ucap Ali.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar penyebarannya tidak lagi meluas.

"Tracing masih terus dilakukan, termasuk kepada relawan maupun petugas yang sempat kontak dengan mereka selama di pengungsian," kata Ali.

(Penulis Kontributor Cianjur, Firman Taufiqurrahman | Editor Abba Gabrillin)

 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/21/235642378/awal-mula-76-pengungsi-longsor-terpapar-covid-19-di-cianjur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke