Salin Artikel

Sembuh, 36 Pasien Covid-19 dari Klaster Hajatan di Madiun Dipulangkan

Puluhan pasien itu telah menjalani perawatan intensif di RSUD Dolopo Madiun, Jawa Timur.

Mereka dipulangkan setelah dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan tes usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

Puluhan penyintas Covid-19 yang dipulangkan itu terdiri dari 21 warga Dusun Bulurejo, Desa Bantengan, dan 15 warga Dusun Kedungrejo, Desa Mojopurno.

Puluhan warga itu dipulangkan dengan sejumlah ambulans milik beberapa puskesmas di Kabupaten Madiun.

Tiba di desa, para penyintas itu didata di Posko PPKM Mikro desa setempat. 

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, dr Anies Djaka mengatakan, 36 pasien itu dipulangkan setelah sembilan hari dirawat di RSUD Dolopo.

“Pasien-pasien itu tanpa gejala. Dan setelah menjalani perawatan sembilan hari mereka sudah aman,” ujar Anies saat dikonfirmasi, Senin.

Anies memastikan, seluruh pasien yang dipulangkan telah menjalani rangkaian tes. Meski telah dinyatakan negatif, para penyintas itu tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Mereka juga harus menerapkan protokol kesehatan ketat selama isolasi mandiri. Para penyintas itu akan dipantau langsung petugas puskesmas dan satgas Covid-19 di tingkat desa.


Sementara itu, pasien dari klaster hajatan yang masih dirawat akan dipulangkan setelah kondisinya membaik dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Nunggu perkembangan dari rumah sakit,” kata Anies.

Sebelumnya, sebanyak 103 warga dari dua desa di Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dinyatakan positif Covid-19 pasca-menghadiri sebuah hajatan di salah satu rumah warga di Dusun Bulurejo, Desa Bantengan, Rabu (2/6/2021).

Beberapa hari setelah hajatan itu, warga mengalami gejala batuk dan pilek. Untuk itu dilakukan rapid test antigen massal.

Setelah 240 warga yang menghadiri hajatan dilakukan rapid test antigen, 66 di antaranya positif antigen. Dari jumlah itu terus dilakukan tracing hingga total warga dua desa yang positif Covid-19 mencapai 103 orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/21/210253478/sembuh-36-pasien-covid-19-dari-klaster-hajatan-di-madiun-dipulangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke