Salin Artikel

Akses ke Faskes Sulit, Dompet Dhuafa Sumbangkan Ambulans untuk Warga Desa Tanjung Raya

KOMPAS.com – Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren As-Syifa Banten Odon Firdaus mengapresiasi Dompet Dhuada dan anak PT Duta Danadyaksa Teknologi (DD Tekno) yang telah menyumbangkan ambulans bagi masyarakat Kampung Cikadu, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten.

“Sudah lama masyarakat Desa Tanjung Jaya mengidamkan moda layanan kesehatan untuk mencapai Rumah Sakit,” ujarnya dalam acara serah terima ambulans dari DD Tekno ke Yayasan Ponpes As Syifa, Rabu (16/6/2021).

Pemberian ini tak lepas dari minimnya ketersediaan sarana ambulans sebagai sarana penunjang kesehatan maupun kebutuhan darurat menuju penanganan ke rumah dakit (rs).

Odon mengatakan, masyarakat biasanya mencarter atau menyewa kendaraan umum. Bahkan, tak jarang ada yang mencari-cari kendaraan untuk membawa pasien menuju rs maupun layanan kesehatan yang lebih intensif lagi.

“Jalan yang bagus, namun belum adanya moda layanan kesehatan seperti ambulans menjadi beban bagi masyarakat,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Tak hanya itu, terkadang masyarakat juga secara bergotong royong atau patungan membiayai moda transportasi tersebut agar segera membawa pasien menuju rs.

“Kami atas nama Yayasan Pondok Pesantren As-Syifa, mengucapkan ribuan terima kasih kepada para donatur yang telah berdonasi melalui DD Tekno maupun Dompet dan Dhuafa. Semoga dapat digunakan bagi masyarakat yang sakit di wilayah Tanjung Jaya ini,” ucapnya.

Adapun, kehadiran ambulans ini terlaksana berkat donasi yang terhimpun dari para donatur melalui berbagai kanal milik Dompet Dhuafa maupun kanal digital seperti Masjed.id, Mumu, dan DD Tekno.

Pada kesempatan yang sama, CEO DD Tekno Iskandar Syamsi berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para santri, wali murid, maupun masyarakat dalam penanganan kesehatan.

Terutama, bantuan ini berguna dalam pengurangan risiko korban dari terdampak bencana, seperti yang terjadi beberapa tahun silam kala bencana tsunami menerjang wilayah pesisir Ayer hingga Pandeglang dan sekitarnya.

“Sekali lagi kami berterima kasih kepada para donatur yang telah berdonasi melalui DD Tekno maupun kanal-kanal digital,” ucap Iskandar.

Direktur Dakwah, Budaya, dan Pelayan Masyarakat Dompet Dhuafa Ustaz Ahmad Shonhaji yang hadir dalam kesempatan tersebut turut mengapresiasi para donator Dompet Dhuafa dan DD Tekno.

“Kami doakan para donatur diberikan keberkahan dan kemudahan rejeki, serta bertambah dari harta yang tersisa,” ungkapnya.

Ustaz Shonaji mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian dan transparansi Dompet Dhuafa dalam pengelolaan dana amanah umat.

“Mudah-mudahan amanah dari para donatur ini memberikan manfaat, kemaslahatan, dan juga keberkahan buat kami keluarga besar Dompet Dhuafa dan masyarakat di sekitar Ponpes As Syifa,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kepolisian Sektor Panimbang Sugiar Ali Munandar. Dalam sambutannya Sugiar bersyukur atas bantuan yang diberikan Dompet Dhuafa dan DD Tekno.

Menurutnya, tindakan ini merupakan wujud nyata kepedulian terhadap masyarakat, khususnya wilayah Tanjung Jaya.

“Mudah-mudahan adanya bantuan ambulan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. Saya terima kasih kepada para donatur yang telah berdonasi melalui DD Tekno maupun Dompet Dhuafa,” harapnya.

Adapun, bantuan ambulans itu merupakan upaya Dompet Dhaufa dan DD Tekno untuk membantu ketersediaan fasilitas kesehatan di Indonesia yang memadai akibat luasnya wilayah serta sarana dan prasarana.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/21/18520911/akses-ke-faskes-sulit-dompet-dhuafa-sumbangkan-ambulans-untuk-warga-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke