Salin Artikel

Sejumlah Pegawai Positif Covid-19, 4 Puskesmas dan 2 Kantor Dinas di Bondowoso Ditutup

Penutupan itu dilakukan karena sejumlah pegawai di kantor tersebut terpapar virus corona.

Selain itu juga ada empat pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ditutup karena penyebab yang sama. Puskesmas itu di antaranya, Sempol, Maesan, Binakal, dan Kota Kulon.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemkab Bondowoso Muhammad Imron menjelaskan klaster Covid-19 di Bondowoso terus bertambah.

“Pertama klaster hajatan yang pernah terjadi di Desa Bendelan dan Sumbertengah Kecamatan Binakal,” kata dia kepada Kompas.com via telpon Kamis (17/6/2021).

Dari sana, Satgas Covid-19 melakukan tracing untuk mencegah penularan Covid-19. Hasilnya muncul klaster perkantoran yang terjadi di dua organisasi perangkat daerah (OPD).

Ada tiga pegawai DLHP yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian juga tiga orang terpapar virus corona di Disparpora.

“Juga puskesmas yang nakesnya terkonfirmasi Covid-19,” tambah dia.

Di antaranya satu tenaga kesehatan di Puskesmas Sempol, Maesan, dan Kota Kulon yang terpapar Covid-19. Kemudian dua tenaga kesehatan dan satu non-tenaga kesehatan di Puskesmas Binakal yang juga terpapar Covid-19.

“Kita sama-sama tidak tau tertular dari mana,” ucap dia.


Menurutnya, sejumlah orang yang terinfeksi Covid-19 tersebut masuk kategori tanpa gejala. Mereka pun menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso itu menambahkan pelayanan di kantor OPD dan puskesmas itu ditutup selama tiga hari.

“Lockdown dilakukan minimal tiga hari, dilakukan penyemprotan disinfektan oleh BPBD,” terang dia.

Ia mengimbau masyarakat tidak mendatangi kantor OPD tersebut. Selain itu, jika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan, maka bisa dilakukan di puskesmas pembantu (pustu), poskesdes dan puskesmas terdekat.

“Kalau perlu rawat inap, ke puskesmas yang berdekatan yang tutup,”ujar dia.

Imron mengimbau masyarakat terus disiplin menerapkan prokes pencegahan Covid-19. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 Pemkab Bondowoso pada 17 Juni 2021, jumlah warga yang terkonfirmasi mencapai 2.395 orang. Sebanyak 86 orang masih dirawat, 2.150 orang dinyatakan sembuh dan 159 orang meninggal.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/17/181818278/sejumlah-pegawai-positif-covid-19-4-puskesmas-dan-2-kantor-dinas-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke