Salin Artikel

Hari Ini, Masuk Jembatan Suramadu Sisi Bangkalan, Warga Madura Harus Rapid Antigen

Penyekatan sisi Bangkalan difokuskan kepada kendaraan roda dua maupun empat yang berpelat M (Madura).

Sedangkan, kendaraan selain pelat M akan dijaring di pos penyekatan sisi Surabaya.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga siang hari tersebut telah menjaring ratusan pengendara dan dilakukan tes swab antigen. Empat orang di antaranya reaktif.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan AKP Abd Aziz Sholahuddin menjelaskan, kegiatan penyekatan tersebut dilakukan sebagai upaya menekan penularan Covid-19.

Kegiatan juga ditujukan mengurangi kepadatan kendaraan serta kerumunan yang kerap terjadi di sisi Surabaya.

"Hal ini dilakukan oleh petugas gabungan bertujuan mengurangi kepadatan kendaraan dan kerumunan warga yang pernah terjadi di sisi Surabaya, yang sangat dikhawatirkan menjadi potensi penularan virus Covid-19," ucap Aziz saat ditemui di lapangan, Kamis (17/6/2021).

"Sebenarnya kalau di sisi Bangkalan ini sudah dari kemarin-kemarin yang lokasinya di ruko Desa Petapan itu, namun untuk menghindari jalur-jalur tikus yang dimanfaatkan oleh pengendara. Akhirnya kita pindah di sini yang menjadi pintu terakhir pengendara roda dua atau empat bagi masyarakat Bangkalan, Sampang, Sumenep dan Pamekasan, yang akan masuk ke Surabaya," beber Aziz.


Berdasarkan pantauan Kompas.com, banyak kendaraan yang diloloskan walaupun kendaraan besar dengan muatan barang atau minibus, asal tidak terdeteksi berpelat Madura.

Aziz memastikan, tidak ada jalur tikus lagi yang akan dimanfaatkan oleh pengendara agar lepas dari swab antigen.

Jika pelat M lolos dalam penyekatan ini, ia yakin tidak akan lolos di penyeketan sisi Surabaya.

"Manakala ada yang lolos di sini, dan di ujung sana tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19, di sana akan diperiksa juga dan diswab juga. Intinya pemeriksaan ini  berlapis, untuk filter yang pertama dari Madura ke Surabaya di sini, kedua di ujung Surabaya," terang dia.

Petugas gabungan yang diterjunkan oleh kedua daerah itu meliputi TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan pemadam kebakaran, serta tenaga kesehatan.

"Semua petugas gabungan dari Pemkot Surabaya dan Pemkab Bangkalan. Semuanya bersinergi. Kalau ada yang positif yang di sini langsung dibawa RSD BPWS untuk dilakukan karantina," tutur dia.

Aziz meminta kepada masyarakat agar tidak takut menjalani tes swab antigen.

Sebab upaya tersebut adalah upaya dini untuk mendeteksi virus Covid-19.

"Bagi warga Bangkalan khususnya jangan panik atas adanya swab ini, ini adalah upaya kita menangani penyebaran Covid-19 di Bangkalan," pinta dia.

Para pengendara yang hendak melewati pos penyeketan jembatan Suramadu sisi Bangkalan Madura dan Surabaya diharapkan telah mengantongi surat bebas Covid-19 agar tidak dilakukan tes swab antigen dan tidak terganggu dalam perjalanan.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/17/181033478/hari-ini-masuk-jembatan-suramadu-sisi-bangkalan-warga-madura-harus-rapid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke