Salin Artikel

Bupati Bogor: Modus Wartawan Gadungan, Tanyai lalu Ancam Kades soal Program Satu Miliar Satu Desa

Para oknum ini, kata Ade, kerap meminta uang dengan cara mengancam. Modus yang mereka lakukan menanyakan tentang pengelolaan satu miliar satu desa (Samisade) sambil memalak kades.

Hal ini disampaikan Ade Yasin dalam giat Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Klapanunggal, Rabu (16/06/2021).

"Kita inikan ada program satu miliar satu desa (samisade). Jadi kepala desa sering didatangi oleh wartawan bodrek, atau LSM yang tidak jelas identitasnya, ada juga oknum yang mengatasnamakan aparat penegak hukum,” curhat Ade.

Modus wartawan gadungan ganggu kinerja kades

Ade mengungkapkan bahwa laporan tersebut berupa intimidasi seperti diganggu sehingga tidak bisa kerja, kemudian anggaran diotak-atik.

Keberadaan oknum wartawan ini dinilai mengganggu kinerja para kades karena sering mencari kesalahan dengan nada intimidasi.

"Suka mencari-cari masalah yang ujung-ujungnya memeras dan mengancam. Misalnya bantuan Samisade, uangnya belum turun sudah didatangi oleh yang ngaku wartawan tapi tidak jelas identitasnya," ujar Ade.

Oleh sebab itu, ia mengimbau agar kades juga harus meningkatkan literasi media dan tidak perlu takut terhadap orang yang mengaku-ngaku sebagai wartawan.

Kades jangan takut jika diancam wartawan gadungan

Sejauh ini, tegas Ade, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk menindak para oknum yang sering meresahkan kades dan warga.

"Selama kades kerjanya benar, ya jangan takutlah. Kalau memang menganggu, laporkan saja," imbau Ade.


Seperti diketahui, program samisade merupakan bantuan keuangan untuk membangun dan meningkatkan kualitas insfrastruktur yang merata di seluruh Kabupaten Bogor.

Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Bogor sudah menganggarkan Rp 311,8 miliar untuk membangun jalan ataupun jembatan di 349 desa, 38 kecamatan dan 532 titik.

Dengan adanya program tersebut, diharapkan bisa menjadi penggerak ekonomi warga desa supaya lebih maju.

(Penulis Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan | Editor Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/16/203500378/bupati-bogor-modus-wartawan-gadungan-tanyai-lalu-ancam-kades-soal-program

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke