Salin Artikel

Kasus Naik Pasca Lebaran, Ridwan Kamil Minta Tambah Tempat Tidur Khusus Pasien Covid-19

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta tiap rumah sakit di Jawa Barat menambah tempat tidur khusus pasien Covid-19. Kebijakan itu seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 pasca libur Lebaran.

"Dalam kedaruratan ini tindakan kita menambahi kapasitas bed di rumah sakit. Dari tadinya hanya 20 persenan untuk Covid-19 sekarang kita minta nambah 30 atau sampai 40 persen. Karena Jakarta sudah sampai 60 persen. Jadi kedaruratan itu nyata adanya," kata Emil, sapaan akrabnya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (14/6/2021).

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar), Senin (14/6/2021) pukul 17.00 WIB, ada penambahan sebanyak 1.242 kasus sehingga total kasus terkonfirmasi di Jabar mencapai 328.940.

Sementara Bed Occupancy Rate (BOR) hingga Minggu (13/6/2021) kemarin mencapai 69,89 persen, dari total 13.636 tempat tidur, yang tersedia 9.530 di antaranya sudah terisi.

"Pokoknya kalau sudah begitu jawabannya, kan 85 persen (BOR Kota Bandung) itu terhadap kasus Covid-19 makanya ditambah lagi kasurnya agar tidak 85 persen. Kalau sudah mentok rumah sakit, baru hotel dihidupkan lagi, gedung non-rumah sakit dihidupkan lagi. Jadi jangan terlalu khawatir tapi tetap waspada," tuturnya.

Dengan situasi saat ini, Emil pun mengimbau masyarakat agar masyarakat patuh menjalankan protokol kesehatan agar tidak ikut berkontribusi dalam penambahan kasus di Jabar.

"Harapannya, jangan sampai kita kolaps, karena itu jangan sampai jadi korban lagi dengan selalu menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

"Semua juga sudah jenuh, sudah bosan tapi kalau nanti terjadi kedaruratan yang dirugikan kita juga, kita harus WFH lagi, mall harus ditutup jam operasionalnya, jalan-jalan juga. Kita tidak menginginkan itu berkepanjangan. Makanya bantulah penanganan ini dengan 5M. Ditambah kita sedang mengakselerasi vaksinasi," tambahnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/14/211734878/kasus-naik-pasca-lebaran-ridwan-kamil-minta-tambah-tempat-tidur-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke