Salin Artikel

Ada Covid-19 Varian India, Pemkab Kudus Bakal Buat Tempat Isolasi Terpusat

Langkah tersebut dinilai efektif untuk memutus mata rantai penyebaran varian yang pertama kali ditemukan di India itu karena diketahui lebih cepat infeksinya.

"Tentunya menyediakan banyak isolasi pemusatan di Kabupaten Kudus sendiri. Baik di desa, rusunawa, balai diklat dan Graha Colo. Donohudan di-stop dan kita sediakan di Kudus sendiri," kata Hartopo saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/6/2021).

Menurut Hartopo, dari sejumlah tempat isolasi mandiri di Kabupaten Kudus diperkirakan mampu menampung 2.000 pasien Covid-19.

Teknisnya akan dlibatkan peran serta dari pihak Kantor Kecamatan serta Kelurahan setempat.

"Penyediaannya kita persiapan untuk 2.000 isolasi mandiri. Untuk kecamatan dikelola per desa," sebut Hartopo.

Untuk diketahui, Covid-19 varian B.1.617.2 dilaporkan terdeteksi di wilayah Kabupaten Kudus.

Hartopo menyampaikan, varian B.1.617.2 diketahui menginfeksi 28 orang warga Kabupaten Kudus merujuk hasil pemeriksaan sampel di Laboratorium Universitas Gajah Mada (UGM).

"Dari 34 sampel, 28 sampel dinyatakan terkonfirmasi varian B.1.617.2 asal India," terang Hartopo.


Dijelaskan Hartopo, saat ini belum bisa dipastikan varian Covid-19 tersebut telah menginfeksi warga Kabupaten Kudus lainnya atau tidak.

Sampel pasien positif Covid-19 yang terdeteksi terkonfirmasi varian baru tersebut, kata Hartopo, diambil pasca-Lebaran seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

"Pengambilan sampel itu sudah lama. Mungkin sekarang sudah sembuh semua mereka. Dua pekan lalu setelah tanggal 15 Mei," ungkap Hartopo.

Sebagai antisipasi memutus penularan varian B.1.617.2, Pemkab Kudus mengimbau masyarakat membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam keseharian.

"Penyebarannya varian baru ini lebih cepat dan mudah. Tak mengenal jarak terutama di ruangan. Ngobrol tak pakai masker mudah tertular. Harus paham penanggulangannya. Proteksinya kita harus tahu," jelas Hartopo.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/13/175310878/ada-covid-19-varian-india-pemkab-kudus-bakal-buat-tempat-isolasi-terpusat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke