Salin Artikel

Detik-detik Penggerebekan "Kampung Narkoba" di Sumsel, 18 Orang Diamankan 2 di Antaranya DPO

KOMPAS.com - Ratusan polisi bersenjata lengkap menggerebek "kampung narkoba" yang berada di Desa Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, Sabtu (12/6/2021).

Dalam penggerebekan itu, polisi berhasil mengamankan 18 orang yang diduga sebagai pengedar narkoba.

Selain itu, turut juga diamankan 13 senjata tajam, 3 unit senjata api rakitan, 34 mesin judi, 21 unit motor dan 1 unit mobil.

Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri mengatakan, penggerebekan berawal dari adanya keluhan dari masyarakat yang resah dengan lokasi di tersebut.

Adanya keluhan itu, kata Eko, petugas dari Polres Musirawas Utara langsung melakukan pengintaian.

Setelah mengetahui lokasi itu merupakan tempat transaksi narkoba, pihaknya lalu menerjunkan ratusan personel dari Brimob Polda Sumsel untuk melakukan penggerebekan di kampung yang diduga menjadi peredaran narkoba tersebut.

"Masyarakat sudah lama mengeluhkan lokasi kampung narkoba ini, sehingga pagi tadi kita menurunkan sebanyak 154 personel gabungan dari Brimob Polda Sumsel," kata Eko melalui pesan singkat, Sabtu.


Kata Eko, selain diduga tempat peredaran narkoba. Kampung ini juga tempat judi, dan aksi premanisme.

"Kampung ini diduga menjadi tempat peredaran narkoba, judi dan aksi premanisme. Selain narkoba, kita juga mengamankan banyak alat judi," ujarnya.

Sementara itu, Camat Rawas Ulu Abdul Kadir membenarkan adanya penggerebekan diduga bandar narkoba di Desa Surulangun.

"Benar, info yang saya terima begitu (penangkapan diduga bandar narkoba). Untuk secara jelasnya saya tidak tahu karena baru pagi ini dapat infonya," kata Abdul Kadir, dikutip dari Tribunnews.com.

Adanya penggerebekan itu, Abdul Kadir mengaku sudah menghubungi kepala desa setempat. Namun, belum terhubung karena kesulitan jaringan telepon.

Saya sudah telepon kadesnya tapi ponselnya tidak aktif, mungkin lagi di tempat tidak ada sinyal," ujarnya.


18 orang diamankan

Dalam penggerebekan itu, sebanyak 18 orang yang diduga sebagai pengedar narkoba berhasil diamankan.

Dikutip dari Tribunnews.com, 18 orang yang diamankan itu terdiri dari 15 orang pria, dan 3 perempuan, termasuk kepala desa setempat.

"Yang diamankan 18 orang, masih diminta keterangan dan dikembangkan. Kades juga kita mintai keterangan selaku kades setempat," kata Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto, dikutip dari Tribunnews.com.

Dua orang DPO diamankan

Kata Irjen Eko, dari penggerebekan itu, 2 dari 18 orang yang ditangkap merupakan daftar pencarian orang (DPO) dalam kasus narkoba.

 "Ada 2 DPO narkoba yang juga kita amankan, sekarang masih dalam pengembangan," kata Eko.

Selain mengamankan 18 orang, turut juga diamankan barang bukti berupa berupa 13 senjata tajam, 3 unit senjata api rakitan, 34 mesin judi, 21 unit motor dan 1 unit mobil.

 

(Penulis Kontributor Palembang, Aji YK Putra | Editor Abba Gabrillin)/Tribunnews.com

https://regional.kompas.com/read/2021/06/13/093032578/detik-detik-penggerebekan-kampung-narkoba-di-sumsel-18-orang-diamankan-2-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke