Salin Artikel

Kasus Covid-19 Naik, Bupati Jepara Keluarkan Kebijakan Dua Hari di Rumah Saja

Kebijakan dampak pandemi Covid-19 tersebut berlaku mulai 12 hingga 13 Juni yaitu pada hari Sabtu dan Minggu.

Andi, sapaan bupati, menyampaikan, kebijakan dua hari di rumah saja itu adalah salah satu upaya untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Ukir.

Sebab, dalam dua pekan terakhir ini kasus Covid-19 di Kabupaten Jepara tercatat mengalami peningkatan.

"Ini selaras dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri dan Gubenur Jawa Tengah untuk Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro," kata Andi saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Sabtu (12/6/2021).

Andi menambahkan, kebijakan dua hari di rumah berlaku bagi seluruh lapisan masyarakat, kecuali sektor esensial dan objek vital nasional.

Di antaranya yang mendapat pengecualian yaitu kesehatan, kebencanaan, keamanan, energi, keuangan, perbankan, kebutuhan pokok, perhotelan dan beberapa sektor lain.

Sementara itu, untuk mendukung kebijakan tersebut Andi menugaskan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara untuk mengoptimalkan peran Satgas Jogo Tonggo di setiap wilayah.

"Satgas berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk melakukan tes rapid secara acak kepada warga yang tidak mematuhi imbauan di rumah saja ini," tegas politisi PDI Perjuangan ini.


Selain itu, Andi juga meminta kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat terlibat menyosialisasikan pencegahan virus Corona secara masif. 

"Optimalkan peran semua elemen masyarakat, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk membantu sosialisasi Covid-19 ini," tandas Andi.

Berdasarkan data dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara hingga Sabtu (12/6/2021) sore, total ada 9.789 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jepara.

Rinciannya, 541 orang meninggal dunia, 7.679 orang sembuh dan 1.569 orang saat ini terkonfirmasi positif Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/12/204903478/kasus-covid-19-naik-bupati-jepara-keluarkan-kebijakan-dua-hari-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke