Salin Artikel

Sempat Berpolemik, PB PON Papua Limpahkan Anggaran Rp 108 M ke Sub Kota Jayapura

JAYAPURA, KOMPAS.com - Polemik antara Panitia Besar (PB) PON Papua dengan Sub PB PON di empat kabupaten/kota yang akan jadi lokasi penyelenggaraan akhirnya mulai terselesaikan.

Setidaknya kini untuk Sub PB PON Kota Jayapura, masalah anggaran yang sempat dipertanyakan, sudah diselesaikan.

PB PON Papua akhirnya sepakat mengucurkan anggaran pelaksanaan PON untuk Sub PN PON Kota Jayapura sebesar Rp 108 miliar.

"Kami menyerahkan Rp 108 M sekian dan mereka akan lakukan sesuai kebutuhan yang mereka kerjakan, ada kegiatan yang sudah dilakukan oleh mereka, tapi yang belum itu mereka akan kerjakan," ujar Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda, di Jayapura, Jumat (11/6/2021) malam.

Ia berharap setelah ini seluruh persiapan hingga penyelenggaraan PON di Kota Jayapura bisa dimaksimalkan.

Selain itu, promosi mengenai pelaksanaan PON XX 2021 Papua, diharapkannya juga bisa dilakukan oleh Sub PB PON.

"Intinya dengan kami menyerahkan ini maka sudah pasti wali kota dengan seluruh kewenangannya sudah bisa melakukan gebyar PON, baik itu dengan menggerakan semua stakeholder dan pertumbuhan perekonomian yang ada di wilayahnya," kata dia.

Yunus mengakui, setelah ini PB PON masih harus melakukan koordinasi dengan Sub PB PON Mimika, Jayapura dan Merauke.

"Cabang olahraga terbanyak ada di kota, ada 22 cabang dan memiliki tanggung jawab yang cukup besar sehingga (anggarannya) Rp 108 miliar. Lalu kabupaten Jayapura, artinya cabornya juga mengikuti dengan jumlah dan kita tidak mungkin melampaui dari kota karena kota tanggung jawabnya cukup besar," kata Yunus.

Sementara Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano menyatakan Kota Jayapura sejak awal siap menyukseskan pelaksanaan PON, hanya saja diperlukan komunikasi yang baik antar pemangku kepentingan.

Dengan telah disepakatinya nilai anggaran tersebut, Mano berharap kepala daerah lainnya bisa mengikuti.

"Saya juga meminta dukungan teman-teman saya Bupati Mimika, Jayapura dan Merauke, mari kita sama-sama menerima, jangan banding-bandingkan anggaran tapi bagaimana PON ini dapat sukses," kata Mano.

Untuk penggunaan anggaran, Mano memastikan Sub PB PON Kota Jayapura akan melibatkan Polresta Jayapura dan Kejaksaan Negeri Jayapura agar penggunaannya bisa tepat sasaran.

Pelaksanaan PON XX 2021 direncanakan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Akan ada 37 cabang olahraga dan 10 cabang eksebisi yang dipertandingkan dalam PON XX.

Pada proses persiapannya, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano dan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng sempat menyatakan akan menolak pelaksanaan PON di daerahnya masing-masing karena tidak ada keterbukaan anggaran dari PB PON Papua.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/12/115325978/sempat-berpolemik-pb-pon-papua-limpahkan-anggaran-rp-108-m-ke-sub-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke