Salin Artikel

Jokowi Tinjau Pembangunan Tol Semarang-Demak, Diharapkan Kurangi Macet dan Cegah Rob

Setelah meninjau percepatan pembangunan Bandara Jenderal Besar Sudirman Purbalingga dan pelaksanaan vaksinasi massal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jokowi bertolak ke Kabupaten Demak.

Jokowi meninjau proses pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono , Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Demak Eistianah.

Jokowi bersama rombongan melihat progres pembangunan jalan tol Seksi II yang berlokasi di Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Jokowi menyatakan, proyek Jalan Tol Semarang-Demak merupakan bagian dari jaringan tol Jawa koridor Pantai Utara Jawa, yang menghubungkan Semarang, Demak Rembang, Tuban dan Gresik.

"Untuk ruas Gresik-Surabaya telah terhubung jalan tol, dan telah dioperasikan," kata Jokowi di Demak, Jumat (11/6/2021).

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki panjang total 26,70 KM terbagi menjadi dua seksi.

Seksi I yaitu Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 KM dan seksi II yaitu Sayung - Demak, sepanjang 16,31 kilometer.

"Yang tadi, seksi satu dukungan dari pemerintah dan seksi yang kedua skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)," ujar Jokowi.


Menurut Jokowi, keberadaan proyek pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak ini, nantinya dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, terutama yang menghubungkan ruas Jalan Raya Kaligawe dengan Bandar Udara Ahmad Yani.

“Jalan tol ini kita harapkan akan mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan Kaligawe dan Bandar Udara Ahmad Yani, ini yang sudah berpuluh-puluh tahun selalu macet baik karena kendaraan-kendaraan besar yang semuanya lewat di jalur ini,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, keistimewaan jalan tol ini adalah fungsinya yang tak hanya sebagai penghubung, tetapi juga sebagai tanggul laut yang akan berfungsi sebagai pengendalian banjir.

“Jalan Tol Semarang Demak Seksi I, juga berfungsi untuk pengendalian banjir rob, dengan adanya fungsi kolam retensi dan adanya tanggul laut. Dan pengembangan area yang tadinya terendam menjadi kering,” ujar Jokowi.

Kawasan di sekitar tol Semarang Demak Seksi II yang saat ini masih terendam rob nantinya akan menjadi kering, sehingga ke depan bisa digunakan untuk kawasan industri dan pendukungnya serta pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Kita harapkan ini segera bisa diselesaikan, sehingga sekali lagi mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah,” tutup Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/11/181013378/jokowi-tinjau-pembangunan-tol-semarang-demak-diharapkan-kurangi-macet-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke