Salin Artikel

Tinjau Bandara Jenderal Soedirman, Jokowi: Penumpang Sudah 70 Persen, Alhamdulillah

Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana, mendarat menggunakan pesawat ATR 72-600 sekitar pukul 08.35 WIB.

Sejak peletakan batu pertama pada 2018, runway Bandara JBS akhirnya rampung digarap awal  2021.

Meskipun gedung terminal masih menggunakan tenda roder, operasional bandara telah dimulai sejak 1 Juni 2021 dan melakukan penerbangan komersial perdana pada 3 Juni 2021.

“Runway telah selesai dibangun sepanjang 1.600 meter x 30 meter. Meskipun terminalnya belum selesai, tetapi minggu yang lalu telah mulai dilakukan penerbangan perdana dari Jakarta ke Purbalingga, kemudian dari Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink,” kata Jokowi dalam siaran Sekretariat Presiden, Jumat (11/6/2021).

Jokowi berharap Bandara JBS dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan, seperti Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, dan Wonosobo.

“Kita melihat juga penumpangnya lebih dari 70 persen, alhamdulillah,” ujarnya.

Dengan beroperasinya Bandara JBS, dia berharap mobilitas penumpang dan mobilitas logistik akan lebih baik.

“Ini bagus, saya senang, meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai, tetapi airport-nya sudah dipakai. Saya kira ini lebih produktif daripada kita menunggu terminal selesai baru dilakukan penerbangan," katanya.

Jokowi menilai, penggunaan tenda roder akan lebih sangkil dan mangkus dibandingkan harus menunda operasional sampai fasilitas sempurna.

"Saya kira cara-cara cepat seperti ini yang akan terus kita lakukan terhadap airport yang lain yang dalam proses dibangun,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/11/104940278/tinjau-bandara-jenderal-soedirman-jokowi-penumpang-sudah-70-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke