Salin Artikel

2 Pasien Covid-19 Asal Bangkalan Diisolasi di Ruang Khusus, Dikhawatirkan Terpapar Varian Baru Corona

KOMPAS.com - Dua pasien Covid-19 asal Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, Jawa Timur.

Mereka dirujuk ke RSUD Jombang pada Selasa (8/6/2021).

Direktur RSUD Jombang Pudji Umbaran mengatakan, dua pasien yang merupakan pasangan suami istri itu ditempatkan terpisah dengan ruang isolasi pasien Covid-19 lainnya.

Karena berasal dari Bangkalan, dua pasien itu dikhawatirkan terinfeksi varian baru Covid-19, yakni varian alpha (B.1.1.7 Inggris).

Untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas, keduanya diisolasi di ruang khusus.

"Sampai dengan hari ini varian baru itu belum bisa kita pastikan. Tetapi untuk menghindari penularan yang lebih luas, maka pasien ini kita isolasi di ruang isolasi khusus, ruangan yang terpisah dari pasien Covid-19 yang lain,” ujarnya, Rabu (9/6/2021).

Pudji menjelaskan, mereka sampai di Jombang pada beberapa hari lalu.

Sebelum dibawa ke RSUD Jombang, keduanya ditangani klinik swasta. Para pasien itu mengalami gejala batuk dan sesak napas.

Dari hasil screening, keduanya dites swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR)
oleh tim medis.

Usai tes swab, mereka menolak menjalani perawatan atau isolasi di RSUD Jombang.

Sambil menunggu hasil tes, pihak rumah sakit mengizinkan keduanya menjalani isolasi mandiri di rumah kerabatnya di Jombang.

Ternyata, hasil tes swab menunjukkan mereka positif Covid-19.

Setelah mengetahui pasangan suami istri tersebut positif Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang berkoordinasi menentukan tempat isolasi bagi mereka.

Berdasar hasil koordinasi Satgas Covid-19 Kabupaten Jombang, kedua pasien diputuskan dievakuasi ke RSUD Jombang.

"Karena berasal dari Bangkalan, hal yang kita khawatirkan, itu adalah varian baru. Kami pun mengambil sampel yang bersangkutan untuk kita periksakan genom di Labkesda Jawa Timur," ucap Pudji.

Mengenai kondisi dua pasien Covid-19 itu, Pudji menyampaikan bahwa suami (37) dan istri (34) sama-sama mengalami batuk. Namun, hanya suami yang menderita sesak napas.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jombang, Moh. Syafii | Editor: Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/10/193403878/2-pasien-covid-19-asal-bangkalan-diisolasi-di-ruang-khusus-dikhawatirkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke