Salin Artikel

Selama 2 Tahun, Bunga Bangkai Mekar Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) Handoko Hidayat menjelaskan, mekarnya bunga bangkai kali ini adalah yang kedua.

Setahun yang lalu, tepat pada saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, bunga bangkai juga mekar.

"Kali ini yang mekar di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Sibiru biru, Kabupaten Deli Serdang, pada pukul 20.30 WIB," ujar Handoko melalui keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Mekarnya bunga bangkai ini sudah diamati oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Ras Namo Suro Baru (Waras Nasuba), Sastra Milala, sejak sebulan lalu.

"Bunga bangkai yang mekar pada 5 Juni 2021 tingginya mencapai 130 sentimeter, dengan lebar bunga saat mekar 127 sentimeter dan tinggi tongkol (spadix) 150 sentimeter," kata Handoko. 

Adapun, Pokdarwis Waras Nasuba yang berdiri pada Juli 2020 menjadi binaan BBKSDA Sumut bersama Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang.

Pokdarwis ini dalam pengembangan wisata, terutama wisata edukasi konservasi bunga bangkai.

"Bunga bangkai mengilhami sekaligus menjadi logo Pokdarwis Waras Nasuba dalam pengembangan wisata yang berkelanjutan," kata Handoko.

Kepala Bidang Teknis BBKSDA Sumut Irzal Azhar mengapresiasi kepedulian Pokdarwis dalam menjaga kelestarian habitat bunga bangkai dengan adanya tanda pembatas yang dipasang, serta poster imbauan berupa larangan agar masyarakat tidak mengganggu bungka bangkai. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/10/132812078/selama-2-tahun-bunga-bangkai-mekar-bertepatan-dengan-hari-lingkungan-hidup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke