Salin Artikel

PPDB Online SMA di Sumut Kacau, Gubernur Edy Segera Panggil Kepala Disdik

Dia mengatakan, pihaknya akan mengecek masalah yang ada pada situs web yang disiapkan dinas pendidikan tersebut, sebelum memutuskan langkah apa yang akan ditempuh.

"Nanti segera saya cek, terus kita evaluasi," kata Edy di rumah dinasnya di Medan, Rabu (9/6/2021).

Edy bilang, dalam waktu dekat dia akan memanggil Kapala Dinas Pendidikan Sumut, Syaifuddin untuk dimintai keterangan mengenai masalah di situs PPDB online.

Pemanggilan tersebut untuk mencari tahu seberapa besar masalah yang ada, kemudian diperbaiki.

"Tapi nanti pelaksaannya, saya akan segera panggil dia. Kita lihat, seberapa besar persoalannya, nanti kita perbaiki," tandas Edy.

Sebelumnya, Kepala Ombusdman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar juga meminta Gunernur Edy turun tangan untuk menyelesaikan masalah pada sistem PPDB SMA Negeri di Sumut. Sebab, kata Abyadi, Kadis Pendidikan Sumut kelihatan bingung dengan masalah yang ada.

"Jangan dibiarkan ini karena saya lihat Dinas Pendidikan gagap menghadapi masalah ini. Kadis Pendidikan juga bingung," kata Abyadi melalui saluran telepon.


Dia menilai, sistem PPDB 2021 yang dilakukan secara daring malah lebih buruk dari tahun sebelumnya. Dinas Pendidikan dinilai belum siap seutuhnya, sehingga saat terjadi masalah, banyak yang tak tertangani.

Seharusnya, tambah Abyadi, Dinas Pendidikan sudah bisa berkaca pada masalah yang terjadi pada PPDB 2020 lalu. Saat itu, banyak juga orangtua yang gagal mendaftarkan anak mereka gara-gara sistem di aplikasi yang bermasalah.

"Seharusnya sistem yang sekarang semakin baik, tapi yang terjadi justru sebaliknya," katanya.

Sementara, pihak penyelengara sampai saat ini masih menyebut bahwa kesalahan bukan pada sistem, tetapi masalah itu ada di user atau pengguna.

Masalah itu antara lain persoalan sinyal, perangkat yang digunakan, masalah digitalisasi dan kendala teknis lainnya yang bergantung pada kemampuan user itu sendiri.

"Jadi kalau masalah sistem, aman," kata Sekretaris Panitia PPBD Sumut, Suhendri.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/09/202726978/ppdb-online-sma-di-sumut-kacau-gubernur-edy-segera-panggil-kepala-disdik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke