Salin Artikel

Langgar Prokes, Operasional McDonald's Kediri Ditutup Selama 3 Hari

Petugas menutupnya mulai Rabu (9/6/2021), hingga tiga hari ke depan.

Pelanggaran prokes itu terjadi saat ada kerumunan dan antrean panjang pada gerai yang ada di kawasan Kediri Mall tersebut, Rabu siang.

Kerumunan yang didominasi oleh ojol itu diduga lantaran adanya peluncuran menu baru, yakni BTS meal.

Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Eko Prasetyo langsung memimpin penutupan tersebut.

Menurutnya, tindakan tegas ini dilakukan untuk pencegahan penularan Covid-19.

"Acara tersebut tidak ada izin atau rekomendasi dari Satgas Covid Kota Kediri," ujar AKBP Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Oleh sebab itu, pihaknya saat itu juga langsung meminta pihak McDonald's segera mengakhiri kegiatan dan menutup gerainya. Adapun para pengantre, juga turut dibubarkan.

Sebagai sanksi atas pelanggaran itu, Kapolres memerintahkan dengan tegas untuk menutup restoran cepat saji tersebut selama 3 hari guna penyidikan lebih lanjut.

"Kami dari tiga pilar yaitu Pemerintah Kota Kediri, TNI, dan Polri terus berupaya mencegah sebaran Covid-19 di wilayah Kota Kediri. Kami akan melakukan tindakan tegas bagi siapa saja yang melanggar ketentuan tentang protokol kesehatan," tegas Kapolres.

Penutupan itu ditandai dengan pemasangan lembar kertas berisi pengumuman penutupan maupun sanksinya. Selain itu, juga pemasangan garis pengaman dari Satpol PP.

Sekretaris Satpol PP Kota Kediri Nur Khamid mengatakan, penutupan gerai McDonald's Kediri itu dilakukan selama tiga hari.


Artinya, tidak boleh ada aktivitas baik online maupun offline.

"Artinya semua operasional harus berhenti," ujar Nur Khamid, melalui sambungan telepon.

Jika nantinya dalam rentang waktu 3 hari selama sanksi tersebut ditemukan adanya aktivitas gerai, menurut Khamid akan ada sanksi lanjutan.

"Kalau tetap melanggar bisa dicabut izinnya," kata mantan Kasie Trantib Satpol-PP ini.

McDonald's baru saja meluncurkan menu BTS meal yang dilakukan hari ini mulai pukul 11.00 WIB.

Informasi yang dihimpun, BTS meal itu terdiri dari 9 pieces Chicken McNugget, medium french fries, minuman, dan saus spesial. 

Diberitakan sebelumnya, pihak McDonald's Indonesia memberi pernyataan akan antrean ojek online yang melayani pembelian BTS Meal untuk konsumen.

"Kami sangat berterima kasih atas antusias masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal," kata Associate Director McDonald's Indonesia, Sutji Lantika, dihubungi Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

"Keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald’s Indonesia," lanjutnya.

Sutji menambahkan bahawa untuk mengantisipasi antrean drive thru dan pembelian delivery saat ini, McDonald's Indonesia memberlakukan buka tutup order pada platform pemesanan online.

Ia juga terus mengimbau seluruh pihak untuk menjaga dan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan.

"Kamipun ingin menginformasikan kembali bahwa BTS Meal bukan hanya tersedia hari ini saja, jadi kepada seluruh pelanggan tidak perlu khawatir akan kehabisan produk ini," ujar Sutji.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/09/175129978/langgar-prokes-operasional-mcdonalds-kediri-ditutup-selama-3-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke