Salin Artikel

Perkuat Kesiapan Hadapi Potensi Tsunami, Kepala BMKG Kunjungi Blitar, Ini yang Dibahas

Dalam kunjungannya, Dwikorita juga didampingi oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno.

"Tujuan kami ke sini adalah untuk lebih mempererat koordinasi dan sinergi dalam rangka memitigasi potensi, potensi terjadinya gempa bumi yang dapat membangkitkan tsunami," ujar Dwikorita kepada wartawan di Pendopo Kabupaten Blitar, Selasa (8/6/2021), usai bertemu Bupati Blitar Rini Syarifah.

Dwikorita mengatakan, dirinya dan tim BMKG, bersama dinas terkait akan ikut melakukan pemetaan jalur-jalur evakuasi di sepanjang pesisir pantai selatan Kabupaten Blitar.

"Kami akan koordinasi menyiapkan jalur evakuasi. Lewat mana masyarakat evakuasi, jalur mana yang tercepat untuk mencapai tempat yang aman," tuturnya.

Bersama pemerintah daerah, pihaknya juga akan menyiapkan 'shelter' yang aman bagi masyarakat, baik yang disediakan oleh pemerintah maupun yang didirikan secara mandiri oleh masyarakat.

BMKG pun akan melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah rawan bencana khususnya bencana alam gempa dan tsunami.

"Meski potensi gempa bumi ini tidak pasti, saya sebagai wakil Pemerintah harus melindungi masyarakat agar tidak panik, agar paham apa yang harus dilakukan seandainya gempa bumi dan tsunami benar terjadi," ujarnya.


Dwikorita menjelaskan, pemerintah perlu memeriksa apakah bangunan rumah dan bangunan fasilitas publik sudah dibangun dengan standar tertentu sehingga tahan gempa.

Penting untuk memastikan bahwa bangunan fasilitas publik khususnya rumah sakit memiliki kekuatan menahan gempa bumi sehingga pelayanan kesehatan tidak akan terganggu ketika terjadi bencana.

Kesiapan menghadapi bencana alam, kesiapan dalam memitigasi bencana gempa dan tsunami, ujarnya, penting dilakukan meski tidak ada kepastian kapan dan di mana bencana alam akan terjadi.

Dia mencontohkan, bangsa Jepang yang memiliki kesiapan budaya yang kuat menghadapi alam khususnya gempa bumi dan tsunami.

"Jangan karena bersifat tidak pasti lantas tidak menyiapkan diri," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Blitar Rini Syarifah mengimbau agar masyarakat tidak panik menghadapi potensi gempa bumi dan tsunami di wilayah pesisir pantai selatan Blitar.

Rini mengatakan, bersama BMKG pihaknya akan menggelar simulasi mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami melibatkan masyarakat di titik-titik rawan bencana. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/08/180232778/perkuat-kesiapan-hadapi-potensi-tsunami-kepala-bmkg-kunjungi-blitar-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke