Salin Artikel

Pria yang Menolak Tes Swab dan Tantang Duel Petugas di Pos Penyekatan Suramadu Minta Maaf

Peristiwa itu terjadi di pos penyekatan Jembatan Suramadu sisi Surabaya pada Senin (7/6/2021) sore.

Bukannya memenuhi permintaan petugas untuk melakukan tes swab, pria tersebut justru terlihat emosi dan mengajak duel para petugas gabungan yang berada di tenda swab antigen milik BPBD Provinsi Jatim.

Minta maaf

Pihak kepolisian mengatakan, setelah diamankan oleh petugas, pria berinisial AS (36) asal Kecamatan Jrengik, Sampang, Madura, Jawa Timur itu akhirnya meminta maaf.

Permintaan maaf tersebut direkam oleh polisi dan disebarkan melalui pesan WhatssApp.

"Assalamualaikum Wr Wb, saya minta maaf kepada yang menjaga pos Covid-19 Surabaya-Madura," kata AS dalam video berdurasi 22 detik, dikutip Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

AS mengakui bahwa perbuatan yang dilakukannya salah karena telah menantang duel petugas gabungan yang berjaga di pos penyekatan Jembatan Suramadu.

"Kelakuan dan tindakan saya tidak mengenakkan kepada anggota semua yang menjaga di pos Covid-19 Surabaya-Madura," ujar AS.

Ia pun berjanji tidak akan mengulangi hal tersebut dan bersedia mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5 M.

"Saya tidak akan mengulangi lagi. Terima kasih," ucap AS.

Tak lama usai kejadian, pria itu telah diamankan anggotanya.

Ganis menegaskan, pria itu telah didamaikan oleh personelnya. Pria tersebut juga telah meminta maaf kepada seluruh pihak melalui video berdurasi 22 detik.

"Iya, sudah minta maaf," kata Ganis saat dikonfirmasi, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, pria tersebut telah mendapat arahan oleh para personelnya di lapangan.

"Sudah minta maaf, setelah diberi penjelasan Kasat Lantas yang ada saat itu," ujar dia.

Video viral

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan pria berpeci hitam menantang duel petugas jaga di pos penyekatan di kawasan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), viral di media sosial Instagram.

Video berdurasi 38 detik yang memperlihatkan seorang pria menolak di tes antigen itu diunggah akun Instagram @teluuur.

Unggahan tersebut telah ditonton 197.905 pengguna Instagram dan dikomentari 2.488 orang.

Dalam video tampak pria yang mengenakan kaus hitam, bercelana jeans, dan memakai peci hitam itu terlihat mengajak duel para petugas gabungan yang berada di tenda Swab Antigen milik BPBD Provinsi Jatim.

Sejumlah petugas dari Satpol PP, TNI, hingga Polisi yang berada di lokasi berupaya menenangkan pria yang enggan untuk dilakukan tes antigen itu.

Saat diminta swab antigen, pria itu justru semakin emosi.

Pria itu kembali mengajak duel petugas yang ada di sekitarnya.

Namun, seorang petugas polisi berupaya merangkul dan meredam kemarahannya. Pria dalam video itu justru memberontak, sehingga dibanting oleh petugas yang berada di lokasi.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/08/123024478/pria-yang-menolak-tes-swab-dan-tantang-duel-petugas-di-pos-penyekatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke