Salin Artikel

Cerita Penerima Vaksinasi Covid-19, Milenial: Gugup, Rasanya seperti Bertemu Mantan

LAMPUNG, KOMPAS.com - Ratusan generasi milenial menerima vaksinasi Covid-19 yang ditaja Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Mapolda Lampung.

Yuliva (20) tampak gugup saat duduknya bergeser ke meja vaksinasi dari meja observasi di area vaksinasi yang berada di lobi Mal Kartini, Senin (7/6/2021) pagi.

Kertas formulir biodata yang dipegangnya terlihat lecek di bagian ujung.

Yuli, sapaan akrabnya, mengenakan kemeja lengan panjang.

"Mbak... Mbak, di bilik aja suntiknya," ujar salah seorang tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas menyutikkan vaksin.

Raut wajah Yuli makin pias. Sapaan nakes itu seolah tidak didengarnya. Langkahnya justru menjauhi bilik penyuntikan khusus tersebut.

"Iya, gugup tadi. Saya takut disuntik soalnya," kata Yuli diwawancarai usai dia menerima suntikan vaksin Sinovac.

Yuli mengaku gugup saat memutuskan datang ke Mal Kartini itu. Dia mendapat informasi dari media sosial bahwa Mapolda Lampung menggelar vaksinasi Covid-19 Senin (7/6/2021).

"Gugup, Mas. Deg-degaannya kayak mau ketemu mantan," kata Yuli sambil terkekeh.

Namun, usai vaksinasi, Yuli mengaku ternyata tidak seseram yang dia bayangkan. Gadis bertubuh mungil ini mengatakan, penyuntikan berlangsung cepat.

"Ternyata nggak sakit, tahu-tahu sudah selesai. Tadinya saya memang takut, karena nggak pernah disuntik," kata Yuli.

Gelaran vaksinasi Covid-19 yang ditaja Biddokes Mapolda Lampung di Mal Kartini itu memang dihadiri rata-rata oleh kaum milenial dengan rentang usia 17 - 26 tahun.

Sebagian besar mengatakan belum pernah sama sekali mendapatkan vaksinasi Covid-19.


Seperti halnya Susi Adila (19), warga Teluk Betung Selatan mengaku nekat datang ke acara vaksinasi tersebut karena memang belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Sejatinya, Susi takut dengan proses penyuntikan. Namun, karena kali ini untuk kebal terhadap Covid-19, Susi pun memberanikan diri.

"Ini yang pertama kali. Nekat sih datang ke sini, diajak sama kawan," kata Susi.

Koordinator Vaksinasi Covid-19 dari Biddokes Polda Lampung, AKBP dr Legowo mengatakan gelaran kali ini adalah aksi "jemput bola" untuk vaksinasi massal ke masyarakat.

"Target dalam satu hari sih tidak ada, tapi kita sediakan range-nya sekitar 100 sampai 200 vaksin dalam satu hari," kata Legowo.

Nantinya total ada lima pelaksanaan lokasi vaksinasi yang tersedia di Lampung.

Lima lokasi itu yakni di Mal Kartini (Senin, 7 Juni), Mal Boemi Kedaton (Selasa, 8 Juni), Polres Kota Metro (Rabu, 9 Juni), Hotel Novotel (Jumat, 11 Juni), dan Sekolah Tinggi Ilmu Agama Budha Jinarakkhita Bandar Lampung (Sabtu, 12 Juni).

https://regional.kompas.com/read/2021/06/07/140937678/cerita-penerima-vaksinasi-covid-19-milenial-gugup-rasanya-seperti-bertemu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke