Salin Artikel

Detik-detik Gelombang Besar Hantam Perahu Rombongan Pemancing, Salah Satu Korban Telepon Ibunya Minta Bantuan

Peristiwa tersebut terjadi di sekitar Perairan Mananga Marapu, Maudolung, Desa Hambapraing, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (5/6/2021) malam.

Sebanyak 13 korban tersebut masing-masing berinisial AA, NA, JA, GFY, HR, F, AP, K, AN, UA, DB, S, dan IM.

Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono mengatakan, ada 12 orang yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Sementara korban berinisial AA masih hilang dan sedang dilakukan pencarian.

"Sampai saat ini, Kapolsek (Haharu) dan tim masih laksanakan pencarian korban tersebut," kata Handrio kepada Kompas.com, di Waingapu, Senin (11/6/2021).

Handrio menyebutkan, para korban berangkat menuju lokasi mancing di sekitar Perairan Tanjung Batu pada Sabtu (5/6/2021) pukul 17.00 WITA.

Mereka menumpang perahu fiber 3 GT 230 PK.

"Pukul 19.10 WITA, para korban tiba di lokasi mancing. Namun situasi perairan di sana tidak memungkinkan (gelombang besar). Kemudian rombongan mancing bergeser ke Perairan Mananga Marapu," ujar Handrio.

Perahu tersebut dihantam gelombang besar ketika memasuki Perairan Mananga Marapu pada pukul 20.30 WITA. Gelombang menghantam bodi perahu bagian kanan sehingga perahu terbalik ke kiri.

"Mengakibatkan 8 orang korban terlempar ke laut beserta beberapa boks ikan. Sedangkan 5 orang korban masih berada dalam perahu," ungkap Handrio.

Seorang korban yang masih di atas perahu berinisial JA langsung menghubungi ibunya bernama YL melalui sambungan telepon.

JA menginformasikan kepada ibunya terkait kapal yang terbalik itu.

"Korban JA meminta agar ibunya menyampaikan ke keluarga agar mereka segera dibantu karena para korban ketakutan dengan situasi gelombang dan arus besar," kata Handrio.

Kemudian Tim Gabungan yang terdiri dari Basarnas Waingapu, Polres Sumba Timur, Polairud, dan nelayan Kampung Bugis menuju ke sekitar lokasi untuk melakukan pencarian.

12 korban bisa dievakuasi pada pukul 21.00 WITA.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/07/113120278/detik-detik-gelombang-besar-hantam-perahu-rombongan-pemancing-salah-satu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke