Salin Artikel

Kepala BNPB Soroti Penyebab Angka Kematian Covid-19 di Blora Tinggi

BLORA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito bersama didampingi Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan ke Kabupaten Blora.

Dalam sambutannya, Ganip Warsito menyoroti penyebab angka kematian masyarakat Blora akibat Covid-19 cukup tinggi.

Berdasarkan monitoring data Covid-19 di Kabupaten Blora per tanggal 5 Juni 2021, terdapat 364 orang meninggal.

"Saya melihat paparan dari pak Bupati, ada satu hal yang paling menonjol di sana adalah tingkat kematian. Mungkin rate-nya lebih tinggi dari nasional," ucap Ganip Warsito di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Sabtu (5/6/2021).

Menurutnya, ada lima hal yang perlu diperhatikan agar tingkat kematian akibat Covid-19 di Blora dapat teratasi.

"Pertama adalah kedisiplinan orang-orang di dalam menegakkan Protokol Kesehatan (Prokes)," ujarnya.

Kemudian, kecepatan penanganan di tingkat kecamatan untuk men-screening dan memastikan bahwa masyarakat butuh penanganan lebih lanjut di tingkat rumah sakit.

Langkah ketiga yang bisa dilakukan yakni memberikan perhatian yang serius kepada masyarakat yang tergolong lanjut usia (lansia) untuk melakukan vaksinasi.

"Keempat, faktor komorbid. Ada penyakit penyerta atau penyakit bawaan dan yang kelima adalah kecepatan rumah sakit untuk mengambil tindakan atau penanganan terhadap pasien yang mengalami Covid-19 ini," jelasnya.


Selain itu, Ganip yang juga merupakan Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nasional tersebut menyoroti manajemen rumah sakit untuk terus dibenahi.

"Jadi zonasi yang ada di rumah sakit itu harus betul-betul ditaati, untuk penerimaan ICU untuk Covid-19 atau umum harus betul-betul dipisahkan," katanya.

"Nakes (tenaga kesehatan) harus disiplin menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), supaya tidak terjadi seperti peristiwa di Kudus, banyaknya nakes kena (Covid-19) karena kurang disiplinnya nakes itu sendiri menggunakan APD dan juga tidak ditaatinya protokol untuk zonasi di rumah sakit," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNPB menyerahkan bantuan berupa alat kesehatan kepada Pemerintah kabupaten Blora.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/05/203107078/kepala-bnpb-soroti-penyebab-angka-kematian-covid-19-di-blora-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke