Salin Artikel

Penjual Pecel "Nuthuk" Harga ke Wisatawan Malioboro, Sandiaga Uno: Jika Terulang, Mereka Bisa Kapok Berkunjung

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu seorang wisatawan mengeluhkan penjual pecel lele di sekitar Malioboro, Yogyakarta yang dinilai mematok harga diluar kewajaran. Keluhan tersebut kemudian viral di media sosial.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan hal-hal negatif seperti mematok harga tidak wajar akan membawa dampak tidak baik bagi pariwisata di suatu daerah.

"Hal-hal yang negatif seperti 'nuthuk' (mematok harga yang tidak wajar) dan lain sebagainya itu suatu kegiatan yang mencoreng wajah pariwisata di suatu daerah, terutama di Yogyakarta," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Sabtu (05/06/2021).

Sandiaga menyampaikan semua komponen di tempat wisata haruslah memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan agar merasa nyaman.

Sehingga nantinya para wisatawan akan kembali lagi berwisata ke tempat tersebut.

"Pariwisata yang berkelanjutan, yang berkah itu adalah jika para wisatawanya puas dan nyaman. Mereka akan kembali lagi," tegasnya.

Namun, jika kesan negatif yang didapat oleh para wisatawan maka mereka tidak akan kembali lagi. Kesan negatif tersebut juga akan menutup datangnya para wisatawan lainnya.

"Tapi kalau dituthuk dengan biaya yang tidak masuk akal, bukan hanya mereka tidak akan kembali, tetapi juga akan menjadi buah bibir jangan ke daerah situ karena banyak sekali potensi kita dituthuk," tandasnya.

Diungkapkanya, pemerintah akan terus melakukan pendampingan karena konsepnya adalah reward dan punishment.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan sosialisasi serta edukasi.

Bagi oknum penjual yang terbukti mematok harga tidak wajar kepada wisatawan lanjutnya akan diberikan teguran.

Bahkan jika kejadian tersebut terus terulang, tidak menutup kemungkinkan bakal diproses hukum.

"Tapi kalau terus berlangsung berulang-ulang kita akan tindak secara tegas dan kita akan proses secara hukum," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/05/165347278/penjual-pecel-nuthuk-harga-ke-wisatawan-malioboro-sandiaga-uno-jika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke