Salin Artikel

Sempat Tertunda, Jenazah Warga Sipil Korban Penembakan KKB di Puncak Dipulangkan ke NTT

Jenazah Habel sedianya pada Jumat (4/6/2021) kemarin akan diterbangkan ke Timika, namun Bandara Aminggaru, Ilaga, ditutup akibat pembakaran sejumlah fasilitas oleh KKB, pada Kamis (3/6/2021) petang. 

Sabtu pagi, jenazah Habel kemudian dapat dibawa ke Timika menggunakan pesawat berbadan kecil.

Tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, jenazah Habel kemudian dibawa ke kamar jenazah RSUD Mimika.

Bupati Puncak Willem Wandik dan Dandim Puncak Jaya, Letkol Inf. Rofi Irwansyah turut menjemput kedatangan jenazah di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Selanjutnya, Sabtu siang jenazah Habel dipulangkan ke kampung halamannya di Kampung Butuwei, Desa Lawahing, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Provinsi NTT, dengan menggunakan pesawat komersil. 

Bupati Puncak Willem Wandik mengungkapkan rasa dukacita mendalam atas peristiwa yang menimpa korban.

"Saya sangat berdukacita atas peristiwa ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan dihibur oleh Tuhan," kata Wandik ditemui di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 13.00 WIT. 

Ketika itu, korban Habel Halenti (30) bersama rekannya Muh. Alif (17) dan Abdul Haras'z (52) berangkat dari kamp karyawan di kompleks pancuran Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga dengan tujuan Kampung Eronggobak, Distrik Omukia.

Mereka kesana menggunakan kendaraan pikap milik Pemkab Puncak, yang biasa digunakan untuk mengangkut babi. 

Saat akan kembali, korban Habel dan Muh. Alif ditodong dengan senjata api laras pendek dan laras panjang oleh dua anggota KKB.

"Korban sempat berteriak "ampun Komandan". Namun langsung ditembak oleh salah satu KKB yang menodongkan senpi tersebut sebanyak 1 kali," kata Kompol Punia dalam keterangannya, Kamis sore.

Saat tim gabungan TNI-Polri tiba dilokasi kejadian untuk mengevakuasi jenazah korban, mereka mendapat tembakan dari anggota KKB. Kontak senjatapun terjadi sekitar 15 menit, hingga akhirnya KKB berhasil dipukul mundur. 

Jenazah Habel kemudian dievakuasi dari lokasi kejadian ke Puskesmas Ilaga. 

"Saat tiba di TKP, rombongan personel TNI-Polri ditembaki oleh KKB yang sudah menunggu kedatangan anggota TNI-Polri, dan terjadi kontak tembak sekitar 15 menit," tutur Kompol Punia.

Berdasarkan hasil identifikasi, korban mengalami luka tembak pada bagian leher bagian kanan hingga tembus ke mulut, dan terkena rekoset pada bahu kiri.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/05/123457778/sempat-tertunda-jenazah-warga-sipil-korban-penembakan-kkb-di-puncak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke