Salin Artikel

Profil SMAN 1 Jember, Jadi Tempat Tiga Mantan Bupati hingga Kapolri Bersekolah

Berdiri sejak tahun 1953 silam, umur SMAN Jember kini sudah mencapai 68 tahun. Bahkan, sekolah ini sudah meluluskan beberapa pejabat penting.

Seperti Mantan bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Mantan Bupati Jember Faida, mantan bupati Probolinggo Hasan Aminuddin hingga mantan Kapolda Jatim Anton Setiadji dan mantan Kapolri Jendral Pol (Purn) Rusman Hadi.

“Bahkan lulusan yang jadi pejabat banyak, seperti Rektor Unej Iwan Taruna hingga dekan,” kata kepala SMAN 1 Jember Eddy Prayitno pada Kompas.com via telepon Kamis (3/6/2021). Tak hanya itu, mantan rektor UGM Ichasul Amal juga merupakan alumni SMAN 1 Jember.

Menurut Eddy, sejak dulu sekolah yang dipimpinnya memang sering meraih prestasi akademik.

Berdasarkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020, SMAN 1 Jember berada pada urutan ke-62 tingkat nasional.

Mengantongi nilai rata-rata UTBK 568,997, sekolah ini menjadi peraih nilai  tertinggi di Kabupaten Jember.

“Untuk Jawa Timur tingkat SMA Negeri peringkat empat,” tambah dia. Namun bila digabung dengan lembaga lain, seperti SMAK dan MAN, menjadi peringkat ke sembilan.

Selain itu, saat hendak masuk ke perguruan tinggi, para siswa juga mengikuti bimbimgan belajar yang diselenggarakan oleh sekolah. Namun di tengah pandemi Covid-19, bimbingan belajar itu sementara ditiadakan.

Pria yang akrab disapa Eddy itu menuturkan, keunggulan SMAN 1 Jember ada pada prestasi akademik. Sedangkan prestasi nonakademik adalah basket.

Adapun saat ini, SMAN 1 Jember sedang membranding sekolah berbasis riset.

Selama pandemi Covid-19, para pelajar memiliki kesempatan untuk mengikuti perlombaan yang digelar oleh PTN secara daring. Mulai dari tingkat regional dan nasional. Hasilnya, prestasi mereka lebih banyak dibanding sebelum pandemi.

“Waktu anak-anak di rumah, lebih efektif untuk ikut lomba,” ujar dia.

Selain itu, SMAN 1 juga memiliki sarana lengkap yang mendukung proses pembelajaran. Seperti, ruang perpustakaan, laboratorium kimia, fisika, bahasa dan TI serta sarana lainnya.

“SMAN 1 punya semboyan tidak ada yang lebih penting selain pembelajaran,” terang dia. Karena keunggulan sekolah ini adalah prestasi akademik, sehingga pembelajaran lebih penting dari hal lainnya.

Perbedaan dengan sekolah lain

Eddy menegaskan SMAN 1 Jember memiliki perbedaan dengan sekolah lainnya. Sekolah ini tak hanya memikirkan output atau lulusan para pelajarnya. Namun juga memperhatikan output, outcome hingga impact-nya.

“SMAN 1 targetnya bukan output, tapi outcome dan impact juga,” jelas dia.

Yakni memperhatikan di mana siswa akan berkuliah, di mana peluang dan hendak menjadi apa kelak. Selain itu, juga memperhatikan dampaknya dan peran di masyarakat.

Para alumni sekolah ini terkumpul dalam Ikatan Alumni SMAN 1 (IKA SMASA). Semua angkatan memiliki kegiatan dan kontribusi sendiri bagi SMAN 1 Jember, seperti memberikan beasiswa bagi yang tidak mampu.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/04/055359578/profil-sman-1-jember-jadi-tempat-tiga-mantan-bupati-hingga-kapolri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke