Salin Artikel

Zona Merah, 156 Tenaga Kesehatan di Kudus Positif Covid-19

KUDUS, KOMPAS.com - Sebanyak 156 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terkonfirmasi positif Covid-19 seiring melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo mengatakan ratusan nakes yang di antaranya berprofesi sebagai dokter, perawat dan bidan tersebut bertugas di sejumlah rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kabupaten Kudus.

"Itu data untuk saat ini," kata Badai saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Selasa (1/6/2021).

Dijelaskan Badai, dari 156 orang nakes yang terpapar Covid-19 tersebut mayoritas kini sedang menjalani isolasi mandiri dan sebagian kecil dirawat di rumah sakit.

"Mereka tertular dari kontak langsung melayani masyarakat," ungkap Badai.

Untuk diketahui, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kembali dinyatakan masuk zona merah penyebaran Covid-19 baru-baru ini pasca Idul Fitri 2021.

Berdasarkan data dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus hingga Senin (31/5/2021), jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sebanyak 298 orang dan 972 orang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri.

Badai mengatakan jumlah kasus positif Covid-19 di Kudus diketahui meningkat signifikan menjelang Idul Fitri.

"Puncaknya pada momen mudik dan tradisi lebaran," terang Badai saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Selasa (1/6/2021).


Menurutnya, salah satu faktor utama yang menyebabkan lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 adalah banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan.

"Warga mengira Kudus telah aman dari Covid-19 sehingga protokol kesehatan (Prokes) telah benar-benar diabaikan," ungkap Badai. 

Sementara itu Bupati Kudus, Hartopo menyampaikan saat ini ada sebanyak 42 desa di Kabupaten Kudus yang diawasi secara ketat karena masuk zona merah penyebaran Covid-19.

"Puluhan desa itu ditutup portal, tamu tidak boleh masuk kecuali yang berkepentingan dan ada surat tes antigen. Untuk warga yang bekerja, masih diperbolehkan keluar dengan prokes," kata Hartopo.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/01/185047378/zona-merah-156-tenaga-kesehatan-di-kudus-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke