Salin Artikel

Dinkes Pastikan Tak Ada Transmisi Lokal Covid-19 Varian India di Cilacap

Kepala Dinkes Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan genome, para tenaga kesehatan (nakes) terpapar Covid-19 varian biasa.

"Sampai saat ini bisa dibuktikan bahwa tidak ada transmisi lokal dari varian India di Cilacap. Mudah-mudahan ke depan tetap tidak ada," kata Pramesti kepada wartawan di Cilacap, Senin (31/5/2021).

Dengan demikian, kata Pramesti, temuan kasus Covid-19 varian India yang terdeteksi menginfeksi para anak buah kapal (ABK) asal Filipina dianggap selesai.

Namun demikian, Dinkes Cilacap kembali melakukan pemeriksaan genome terhadap nakes lain yang CT value-nya rendah

"Ini masih ada yang kami kirimkan lagi sampelnya, yang kemarin 12 sampelnya, yang CT value-nya rendah. Untuk kewaspadaan saja, mudah-mudahan bukan varian India," ujar Pramesti.

Pramesti menambahkan, akan melakukan evaluasi menyeluruh terkait SOP penanganan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan di rumah sakit.

"Nakes yang terpapar Covid-19 bisa tertular dari dalam maupun luar. Dari dalam bisa dari pasien atau rekan sejawat, kalau dari luar bisa dari keluarga atau lingkungan," kat Pramesti.

Diberitakan sebelumnya, 52 nakes RSUD Cilacap diduga terpapar Covid-19 varian India dari 13 ABK asal Filipina yang dirawat di rumah sakit tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/31/114441278/dinkes-pastikan-tak-ada-transmisi-lokal-covid-19-varian-india-di-cilacap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke